Advertisement

Peneliti Asing Tertarik Konferensi di UMY, Ini Penyebabnya

Sunartono
Minggu, 15 Januari 2023 - 08:27 WIB
Sunartono
Peneliti Asing Tertarik Konferensi di UMY, Ini Penyebabnya Launching ICoSI dan UMY Grace 2023, Sabtu (14/1/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Profesor Gunawan Budiyanto mengungkap banyaknya peneliti asing yang tertarik dengan pelaksanaan konferensi internasional yang digelar UMY.  Salah satu event ilmiah yang bakal digelar kampus ini adalah The 7th International Conference on Sustainable Innovation (ICoSI).

Gunawan mengatakan pelaksanaan ICoSI di UMY mendapatkan apresiasi dari para peneliti di luar negeri. Penyebabnya penyelenggaraan International Conference di UMY yang sifatnya berkelanjutan. Adapun ICoSI di UMY pada 2023 ini akan digelar pada Agustus mendatang.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Banyak peneliti dari luar negeri yang merasa tertarik dengan adanya ICoSI di UMY. Ini karena peneliti luar negeri melihat kontinuitas dari pelaksanaan ICoSI, jadi membuat mereka tertarik untuk berpartisipasi dalam ICoSI ini," kata Gunawan dalam rilisnya, Sabtu (14/1/2023).

BACA JUGA : Empat Dosen Asal Jogja Ini Jadi Peneliti Terbaik Versi Sinta

Kampusnya berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan penelitian dan inovasi, baik yang dilakukan oleh internal UMY maupun pihak eksternal. ICoSI sendiri merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan dengan mengundang peneliti, praktisi dan dosen di berbagai bidang keilmuan untuk menyampaikan hasil penelitian mereka dan tentunya hasil penelitian tersebut akan dipublikasikan dalam prosiding yang terindeks Scopus maupun Sinta.

“Ini 15 bidang keilmuan, meliputi Health Science and Nursing, Agriculture and Engineering, Social Sciences and Economics serta Law and Religious Studies. Pada tahun ini, ICoSI akan dilaksanakan secara offline. Mengingat Pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahap transisi endemic,” katanya.

Ketua ICoSI 2023 Zuhud Rozaki menambahkan konferensi internasional ini akan melibatnya banyak peneliti asing. Praktisi, akademisi, mahasiswa dan masyarakat yang tertarik dengan isu-isu inovasi dan berkelanjutan juga dapat ikut berpartisipasi dalam konferensi ini. Dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui laman https://icosi.umy.ac.id/2023/.

BACA JUGA : 3 Peneliti UGM Ini Masuk Daftar Peneliti Paling Berpengaruh

 “ICOSI 2023 akan dilakukan secara offline dan peneliti-peneliti dari seluruh dunia akan diundang langsung untuk mengikuti konferensi ini,” ucapnya.  

Selain ICoSI, UMY juga melaunching The 4th Universitas Muhammadiyah Undergraduate Conference (UMYGrace) 2023. UMYGrace ini menjadi satu-satunya kegiatan konferensi internasional di dunia dengan pesertanya yang terdiri dari mahasiswa tingkat sarjana.

“UMY sudah sesuai dengan slogannya, yakni Muda Mendunia dan Unggul Islami. Hal ini dapat dikatakan UMY sudah di jalur yang tepat. Melalui banyak penelitian dan prestasinya, UMY dapat membuktikan hal tersebut,” ungkap Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Chairil Anwar saat melaunching ICoSI dan UMY Grace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement