Advertisement

Peringati Hari Jadi, SMM Yogyakarta Gelar Konser Musik Klasik di TBY

Media Digital
Rabu, 25 Januari 2023 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peringati Hari Jadi, SMM Yogyakarta Gelar Konser Musik Klasik di TBY Penampilan konser Hari Jadi SMM Yogyakarta yang ke 71 di Concert Hall TBY Selasa (24/1/2023) malam. - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

JOGJA—Ratusan murid, guru, alumni dan karyawan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kasihan atau Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta menampilkan belasan repertoar dalam durasi dua jam lebih. Acara ini dilaksanakan sebagai perhelatan puncak hari jadi sekolah yang ke 71 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) Selasa (24/1/2023) malam.

Deretan karya gubahan komponis klasik barat ditampilkan kepada para pengunjung dengan balutan penampilan orkestra dan ensambel. Konser ulang tahun dibuka dengan repertoar Emperor Waltz-nya Johan Strauss dan diakhiri dengan penampilan orkestra gabungan oleh guru dan alumni yang membawakan William Tell Overture karya Rossini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala SMKN 2 Kasihan Agus Suranto mengatakan persiapan penampilan itu dilakukan selama sebulan penuh. Konser yang melibatkan seluruh warga sekolah menurutnya merupakan bentuk sinergi dalam mewujudkan kolaborasi dan regenerasi sesuai dengan tema ulang tahun yang diangkat pada usia yang ke 71 itu.

"Konser musik klasik memang jarang dijumpai di Indonesia. Dalam konser ulang tahun sekolah ini sengaja disajikan beberapa repertoar klasik, sebagai bentuk penegasan terhadap kompetensi keahlian seni musik klasik di SMM Yogyakarta," kata Agus.

Agus menyebut total ada sebanyak 450 pemain dan 45 tim pelaksana yang mendukung terselenggaranya konser itu termasuk para alumni tahun kelulusan 1970 hingga 2020. Seluruh murid dari jenjang kelas 10, 11, dan 12 ikut unjuk kebolehan dengan menampilkan olah vokal, paduan suara, gitar, dan beragam lainnya.

"Konser ini sebagai bukti dari sebuah komitmen dan sinergi secara solid antara siswa, guru, karyawan, dan alumni. Kekuatan inilah yang menjadi spirit penguat. Konser juga sekaligus bertujuan sebagai pembaharuan kompetensi musik klasik baik bagi siswa maupun guru," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Didik Wardaya menyatakan, keberadaan SMM Yogyakarta menjadi warna baru penyelenggaraan pendidikan di wilayah setempat. Sebagai salah satu sekolah negeri dengan bidang kompetensi musik terutama klasik, Didik berharap agar SMM Yogyakarta terus melakukan inovasi dan pembinaan yang optimal untuk menunjang regenerasi musisi dan praktisi musik di wilayah setempat.

"Selama 71 tahun juga SMM Yogyakarta telah konsisten dalam mengusung kompetensi musik klasik dalam penyelenggaraan pendidikannya. Kami berharap agar sumber daya kompeten di bidang musik Yogyakarta terus lahir ke depannya," ujar Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement