Advertisement

7 April Jumat Agung, Ini Maknanya dan Intip Ucapan Presiden Jokowi

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 07 April 2023 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 April Jumat Agung, Ini Maknanya dan Intip Ucapan Presiden Jokowi Perayaan Jumat Agung yang merupakan peringatan wafat Yesus di kayu salin. - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Umat Kristiani di seluruh belahan dunia, baik Katolik maupun Kristen Protestan, merayakan Jumat Agung pada hari ini, Jumat (7/4/2023). Jumat Agung untuk memperingati Wafat Isa Almasih.

Semua gereja-gereja di dunia menyelenggarakan ibadat pada Jumat Agung ini. Mereka mengikuti ibadat untuk mengenang wafat Tuhan Yesus Kristus di kayu salib.

Advertisement

Jumat Agung merupakan rangkaian Tri Hari Suci yang meliputi Kamis Putih, Jumat Agung, dan Malam Paskah. Jika Kamis Putih mengenang perjamuan terakhir Yesus bersama kedua belas murid, Jumat Agung mengenang wafat Yesus. Sementara pada besok Sabtu yakni Malam Paskah atau Vigili Paskah mengenang kebangkitan-Nya.

Tagar Jumat Agung trending di jajaran trending topic Twitter pagi ini. Setidaknya lebih kata 'Jumat Agung' sudah di-tweet lebih dari 7.000an kali. 

Baca juga: Sultan Prihatin Harga Tanah Makin Tinggi, Penyebabnya Orang Jakarta Beli Tanah di Jogja Tidak Menawar

"Keluarga besar Polri mengucapkan selamat hari Jumat Agung bagi umat Kristiani. Semoga dengan meneladani pengorbanan Kristus Yesus, menjadikan kita sebagai pribadi yg senantiasa mendapat kemuliaanNya. Kiranya cinta & kasih serta berkat Tuhan Yesus tercurah dlm kehidupan kita semua," ucap akun Divisi Humas Polri yang dikutip Harianjogja.com, Jumat pagi. 

Ada pula Presiden Joko Widodo yang mengucapkan hal yang sama. "Kepada saudara-saudaraku umat Kristiani, selamat merayakan Hari Raya Jumat Agung 2023," tweet Presiden dengan mengunggah foto kartun lima orang dengan warna kulit berbeda sedang berdoa bersama. 

"Kematian-Nya menunjukan bahwa kasih-Nya adalah kasih yang memberi tanpa menyisakan sesuatu apapun untuk diri-Nya sendiri. kasih untuk siapa? untuk kita yg sering kali pura-pura taat dan pura-pura setia pada-NYA.Selamat menghayati Jumat Agung ," tulis @tjapoenglaut.

"Perayaan Jumat Agung dgn kebahagiaan, cinta & kedamaian, sbg refleksi dalam menjadikan pribadi yg senantiasa memancarkan kasih & damai kepada sesama. Semoga pengorbanan, cinta & kasih, selalu menjadi penyemangat untuk terus berbagi dalam kebaikan. Memperingati Wafat Isa Almasih," tulis akun resmi KAI121. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Twitter

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement