Advertisement

Segudang Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 28 April 2023 - 16:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Segudang Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak Ilustrasi orang tua membacakan buku dongeng kepada anak-anak usia dini. - Ist/Hmpaudi DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Membacakan dongeng untuk anak bisa menjadi pengantar tidur atau sekadar hiburan bagi anak dan orang tua. Tidak mesti saat anak sudah pandai berbicara, membacakan dongeng sejak buah hati masih dalam kandungan ternyata banyak manfaatnya.

Salah satunya ialah menambah kosakata anak setiap kali si kecil mendengarnya meski belum mengerti kata-kata dari ayah-ibunya, sekaligus membantu menstimulasi kemampuan mendengar dan berbicara anak.

Advertisement

Lebih lengkap simak rangkuman berikut terkait manfaat membacakan dongeng untuk anak.

1. Mengembangkan perasaan dan emosi anak

Beragam dongeng menyajikan kisah bahagia, sedih, sakit, kesulitan, hingga kebencian sekalipun. Ketika anak merasa terhubung dengan karakter dongeng nantinya si kecil mulai memahami setiap emosi yang ada sekaligus belajar perbedaan antara karakter positif dan karakter negatif.

Baca juga: Angka Kunjungan di Desa Wisata Kulonprogo Meningkat Ketika Libur Lebaran

2. Membangkitkan imajinasi dan kreativitas anak

Seraya membacakan dongeng apalagi dipenuhi gambar visual akan memicu imajinasi anak entah itu karakter, tempat, objek, atau alur cerita sehingga menumbuhkan pikiran kreatif atau rasa ingin tahu. Seorang anak yang rutin dibacakan dongeng turut meningkatkan keinginan anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya.

3. Meningkatkan perkembangan kognitif dan berpikir kritis

Saat atau usai membacakan dongeng orang tua juga dapat memberikan pertanyaan seputar peristiwa apa saja dari dongeng yang dibacakan atau menceritakan ulang dongeng secara singkat, dengan demikian dapat melatih memori serta konsentrasi anak.

Selain itu melalui dongeng anak akan belajar menyelesaikan masalah atau dari kesalahan para karakter berdasarkan cerita yang ia dengar, secara tak langsung anak mampu berpikir kritis dan mendorongnya untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

4. Menanamkan nilai moral dan etika sosial pada anak

Setiap kisah selalu ada nilai moral di dalamnya hal ini ialah salah satu cara terbaik untuk mengajarkan anak nilai moral kehidupan dan etika sosial, sebab anak mendapatkan gambaran kehidupan sehari-hari melalui dongeng yang dibacakan, misal norma sopan santun seperti cara menghormati orang yang lebih tua.

Tak jarang jika terdapat perbedaan budaya dalam dongeng anak pun perlahan belajar untuk memahami perbedaan serta menghargai budaya yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Pendidikan | 1 month ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement