Advertisement

Haedar Nashir: Kampus Muhammadiyah Punya Peran Penting Membangun Moral dan Peradaban

Sunartono
Sabtu, 13 Mei 2023 - 16:17 WIB
Sunartono
Haedar Nashir: Kampus Muhammadiyah Punya Peran Penting Membangun Moral dan Peradaban Ketua Umum PP Muhammadiyah Profesor Haedar Nashir saat memberikan pidato di UMY, Jumat (12/5/2023). - Istimewa/UMY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Profesor Haedar Nashir mengingatkan pentingnya peran kampus Muhammadiyah atau Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah terhadap upaya bangsa dalam membangun moral dan peradaban. Hal itu disampaikan dalam dalam pidato Milad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Jumat (12/5/2023).

Haedar mengungat saat ini Muhammadiyah memiliki 174 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kampus-kampus tersebut memiliki peran yang strategis dalam memberikan kontribusi terhadap bangsa.

Advertisement

BACA JUGA : Tiga Pesan Haedar Nashir di Momen Idulfitri 1444 H

“Salah satunya kekuatan dan pilar penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, yang mana ini juga menjadi cita cita nasional,” kata Haedar dalam rilis tertulis.

Selain itu peran penting lainnya adalah membangun moral keadaban dan peradaban bangsa melalui berbagai disiplin ilmu. “Keadaban menyangkut moralitas kehidupan kita tentang baik dan buruk, pantas dan tidak pantas. Sementara itu, peradaban menyangkut kebudayaan kita yang luhur,” ucapnya.

Ia menambahkan dua pilar utama ini menjadi komitmen penting bagi PTMA dalam turut andil mencerdaskan, membangun keadaban dan peradaban bangsa. Muhammadiyah melalui ribuan lembaga pendidikan yang dimiliki selalu berkomitmen mewujudkan pendidikan Indonesia yang berkemajuan.

“Segala pencapaian UMY baik di kancah nasional maupun internasional di usia 42 tahun ini adalah proses akumulatif dari kemajuan yang telah diraih atas semangat gotong royong seluruh elemen UMY,” ujarnya.

BACA JUGA : Pesan Haedar Nashir untuk RS PKU Berusia 100 Tahun

Rektor UMY Profesor Gunawan Budiyanto mengaku akan terus memperhatikan tantangan dan peluang yang ada serta terus berupaya untuk    mengembangkan program yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan global. Sebagai kontribusi terhadap bangsa, UMY berkomitmen mewujudkan SDGs melalui catur dharma, serta mendorong dan mendukung penelitian dan pengembangan inovasi yang berorientasi pada kemanusiaan universal.

“Saat ini berfokus menjadi Research Excellence University. Banyaknya riset dan juga inovasi yang dilakukan oleh civitas academika UMY itu sendiri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada 2 Kali Libur Panjang

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement