Advertisement

Saka Wirausaha, Tumbuhkan Jiwa Usaha Melalui Pramuka

Media Digital
Kamis, 18 Mei 2023 - 07:02 WIB
Abdul Hamied Razak
Saka Wirausaha, Tumbuhkan Jiwa Usaha Melalui Pramuka Dari kanan ke kiri. Edy Hari Suasana, Srie Nurkyatsiwi, dan Aris Eko Nugroho dalam acara Regol Paniradya Kaistimewan di Sleman, Rabu (17/5 - 2023).

Advertisement

SLEMAN—Semangat dan nilai-nilai dalam pramuka menjadi ruang yang tempat untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan sejak dini.

Melalui program baru dari Dinas Koperasi dan UKM DIY bertajuk Saka Wirausaha, akan ada pembekalan, pelatihan, sampai pendampingan pada penegak Pramuka tentang kewirausahaan. Pendampingan ini diberikan baik di sekolah maupun kampung Pramuka yang tersebar di DIY, dengan usia anak minimal 16 tahun.

Advertisement

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, mengatakan apabila penanaman jiwa usaha sejak usia anak sekolah perlu menggandeng banyak pihak, termasuk Kwarcab dan Kwarda Pramuka sampai Dinas Pendidikan.

“Pramuka menjadi salah satu ekskul, salah satu mata pelajaran yang tidak wajib, tapi menjadi sebuah ruang berekspresi dan aktualisasi para siswa. Jiwa kepanduan yang sudah ada pada Pramuka perlu diikuti dengan penyesuaian dinamika, seperti kondisi kemiskinan dan pengangguran [yang ada di masyarakat],” kata Siwi, dalam acara Rerasan Golek Solusi (Regol) persembahan Paniradya Kaistimewan di Sleman, Rabu (17/5/2023).

Pembekalan, pelatihan, sampai pendampingan akan memiliki banyak skema, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan semakin banyaknya jiwa wirausaha di usia muda, harapannya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya di DIY. Ini juga sebagai persiapan menjelang bonus demografi tahun 2045. Program atau produk dari Saka Wirausaha bisa terkoneksi dengan SiBakul yang merupakan platform UKM dari Pemda DIY.

“Ini salah satu strategi baru dari Pemda DIY dengan dukungan dana istimewa, yang dirintis tahun 2023 ini. Inovasi [semacam ini merupakan] yang pertama di Indonesia,” katanya.

Keberadaan Saka Wirausaha menjadi penguat potensi-potensi pengusaha muda yang banyak muncul di Pramuka. Wakil Ketua Kwartir DIY, Edy Hari Suasana, mengatakan selama ini kesempatan Pramuka berwirausaha belum terwadahi dengan baik. Ke depan, para siswa bisa mempersiapkan diri untuk memasuki dunia usaha dengan banyak menguasai keterampilan.

“Di kegiatan Saka Wirausaha, ada pembekalan yang pengampunya dari Dinas Koperasi dan UKM DIY. Pembekalan yang diberikan berupa perencanaan berusaha, pemasaran, pelaksanaan, sampai pelaporan dan sebagainya, pembekalan seperti itu, ke depan para siswa bisa memulai usaha sendiri dengan usaha-usaha yang berbagai macam,” katanya.

Menurut Paniradya Pati, Aris Eko Nugroho, inovasi berupa Saka Wirausaha menjadi upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang juga menjadi salah satu tujuan penggunaan dana istimewa. Program yang juga menyasar kampung pramuka ini diharapkan menciptakan banyak kolaborasi, yang membuat desa semakin berdaya.

"Ada kegiatan Saka Wirausaha, saka yang lain juga banyak. Tapi yang baru 2023 ini Saka Wirausaha. Kaitan dengan kesejahteraan, ini dikaitkan adanya data kemiskinan di Jogja. Ini menjadi tantangan kami kemudian untuk melakukan inovasi ini," katanya.

Pembelajaran tentang wirausaha layaknya sejak usia dini. Konsultan Pengembangan dan Pemberdayaan UKM, Bio Hedikesuma, mengatakan setidaknya perlu waktu ideal lima tahun untuk belajar teori dan praktek bisnis agar perkembangan usahanya bisa baik. Sehingga anak-anak perlu ruang, yang di sekolah belum begitu terbuka untuk wirausaha.

“Anak-anak muda sekarang banyak menggunakan gadget, dampak negatifnya cukup besar, misal bisa dimanfaatkan jadi peluang bisnis akan menarik. Apalagi Jogja pernah mendapat predikat nomer dua di Asia Tenggara sebagai kota termudah memulai bisnis dengan modal nol,” kata Bio. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Pendidikan | 1 month ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement