Advertisement

Sederet Cara Unik Ayah Mendidik Anak, Tidak Dimiliki Ibu

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 18 Mei 2023 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sederet Cara Unik Ayah Mendidik Anak, Tidak Dimiliki Ibu Ilustasi ayah bermain dengan anak. - Freepik\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pandangan bahwa tugas utama ibu ialah mengurus anak dan tugas ayah mencari nafkah membuat peran ayah jarang terlibat dalam mendidik anak. Padahal peran keduanya sangat penting dalam tumbuh kembang anak.

Melansir dari laman United States Children's Bureau menurut penelitian dari Departemen Kesehatan & Layanan Masyarakat AS menunjukkan ibu dan ayah memiliki gaya bermain dan berkomunikasi yang berbeda. Keduanya memainkan peran unik namun penting dalam perkembangan anak antara lain:

Advertisement

- Para ayah mendorong anak untuk banyak bereksplorasi, perilaku mandiri pada anak, dan anak terlibat dalam permainan yang meningkatkan kemampuan fisik daripada kebanyakan ibu.

- Saat berbicara dengan anak kecil, ibu cenderung menyederhanakan kata-kata mereka menyesuaikan tingkat berbicara anak. Ayah berbicara dengan cara yang mampu memperluas dan menantang kompetensi bahasa anak.

- Dalam hal disiplin, ibu lebih cenderung menunjukkan kehangatan dan penalaran dengan anak mereka sementara ayah cenderung lebih tegas dan menuntut.

Baca juga: Mungkin Kamu Belum Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Selingkuh

Bahkan peran ayah dalam mengasuh dapat memberikan pengaruh yang berbeda seiring anak bertumbuh, yaitu:

- Bagi anak laki-laki, sosok ayah mungkin akan jadi panutan. Sejumlah studi menemukan bahwa pengaruh ayah berhubungan dengan seberapa ramah anak laki-laki.

- Bagi anak perempuan, selain rasa aman hubungan baik antara ayah dan anak perempuan berdampak pada pembentukkan harga diri dan persepsi diri anak, terutama saat mereka beranjak remaja.

- Remaja, memasuki masa ini ayah akan berperan penting dalam menciptakan batasan atau mungkin membantu remaja melebarkan sayap mereka.

Penelitian lain menunjukkan bahwa anak-anak dengan keterlibatan ayah yang aktif dalam mengasuh anak 43% lebih mungkin mendapatkan nilai A di sekolah dan 33% lebih kecil kemungkinannya untuk mengulang kelas.

Anak pun memiliki semangat belajar yang lebih tinggi serta berperilaku baik misalnya tak terlibat masalah disiplin bahkan lebih mungkin berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Membuat anak lebih nyaman beraktivitas di sekolah.

Oleh karena itulah ayah memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak secara singkat dalam meningkatkan kemampuan anak dari segi kognitif, sosial, fisik, hingga akademik anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement