Advertisement

3 Mahasiswa FTSP UII Peroleh Beasiswa IISMA dan ICT

Sunartono
Jum'at, 21 Juli 2023 - 13:57 WIB
Sunartono
3 Mahasiswa FTSP UII Peroleh Beasiswa IISMA dan ICT Pelepasan mahasiswa peraih beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan International Credit Transfer (ICT). - istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak tiga mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII memperoleh beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan International Credit Transfer (ICT). Para mahasiswa ini berkomitmen untuk membawa berbagai keilmuan dengan referensi lokal ke sejumlah perguruan tinggi tersebut.

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan International Credit Transfer (ICT) adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). Program tersebut mendanai mahasiswa sarjana dan kejuruan untuk melakukan mobilitas selama satu semester di universitas dan industri terkemuka di luar negeri.

Advertisement

BACA JUGA : Beasiswa Pendidikan Menengah Terus Disosialisasikan

Adapun mahasiswa tersebut antara lain Mohd Rhafie Nadhif Nureski dan Mahadevi Effia Arkan yang merupakan peraih IISMA 2023 dan Putri Kinanti Shinta Pratiwi untuk beasiswa ICT 2023.

“Saya kebetulan akan membawa arsitektural lokasl seperti penggunaan bambu ini ke beberapa pertemuan di University College London, United Kingdom,” kata Rhafie dalam rilisnya.

Sedangkan Mahadevi Effia Arkan akan mengangkat seputar batik lokal. “Kami juga akan memperkenalkan budaya lokal, kebetulan saya mendapatkan di Humboldt University of Berlin, Germany,” ujar mahasiswa semester 6 ini.

Ketua Prodi Arsitektur UII Hanif Budiman menambahkan prodi Arsitektur Program Internasional sudah tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2021 meraih prestasi meloloskan mahasiswanya pada program yang sangat kompetitif ini. Pada 2021 dan 2022 mengirimkan masing-masing empat mahasiswa, bahkan terpilih sebagai IISMA Awardees untuk studi selama satu semester di berbagai perguruan tinggi ternama di dunia, baik di Eropa, di Amerika Serikat dan di Kanada.

BACA JUGA : Program Beasiswa Sekolah Menengah Terus 

“Mereka akan menempuh studi mulai bulan September 2023 hingga Februari 2024 di perguruan tinggi dengan World University Ranking #65 Universiti Malaya, Malaysia. Ini mengulang prestasi ICT 2021. Kemudian seorang mahasiswa Prodi Arsitektur IP menerima beasiswa ICT ini untuk studi di Mapua University, the Philippines. Para penerima beasiswa IISMA dan ICT 2023 akan berangkat pada akhir bulan Agustus atau September mendatang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang, Kementerian PPPA Turun Tangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement