Advertisement

Prodi HI UMY Selenggarakan Program Internasional IR Summer School 2023

Media Digital
Rabu, 23 Agustus 2023 - 12:07 WIB
Ujang Hasanudin
Prodi HI UMY Selenggarakan Program Internasional IR Summer School 2023 Jumpa pers kegiatan International Relations Summer School di UMY. (Istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Prodi Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) kembali menyelenggarakan International Relations Summer School (IRSS) selama satu bulan penuh dari tanggal 21 Agustus hingga 21 September 2023. Agenda tahunan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa HI UMY bersama mahasiswa-mahasiswa asing.

Pada tahun ini tema besar yang diambil adalah ‘Rethinking Global Governance in a Changing World Order’ dengan menawarkan dua mata kuliah yaitu Global Governance and Diplomacy and International Relations in Southeast Asia. Prodi HI UMY beserta mitra universitas memberikan penghargaan 6 SKS untuk program ini.

Advertisement

Dr. Sugito selaku Ketua Prodi HI UMY menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu implementasi kerjasama luar negeri dan upaya peningkatan kualitas pemahahaman mahasiswa terhadap kompleksitas isu hubungan internasional. Sugito juga menyampaikan terimakasih kepada mitra institusi seperti Universiti Utara Malaysia dan Universiti Malaysia Sabah atas kolaborasi yang terjalin.

 “Kami berharap kerjasama ini akan semakin kuat dan berkembang dalam program-program pertukaran mahasiswa dan riset dosen,” ucapnya.

IRSS tahun ini merupakan hasil kolaborasi antara UMY, Universiti Utara Malaysia, dan Universiti Malaysia Sabah. Kolaborasi ini berbentuk penyusunan silabus, tim pengajar dari 3 universitas, dan pengakuan kredit SKS.

Kegiatan ini diikuti oleh 72 peserta dari 11 universitas di 5 negara yaitu: Indonesia, Malaysia, Thailand, Yaman, dan Liberia. Kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini dihadiri oleh 30 mahasiswa di Ruang Simulasi Sidang HI UMY Gedung E dan sisanya secara luring.

Direktur program internasional HI UMY (IPIREL), Zain Maulana, Ph.D dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa Prodi HI berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar lintas negara dan budaya bagi mahasiswanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa selain IRSS mahasiswa HI UMY juga dapat mengikuti program-program internasional di luar negeri seperti pertukaran pelajar, internasional academic and cultural exposure, pemagangan dan KKN.

“HI UMY telah menjalin kemitraan dengan berbagai universitas dan kantor-kantor perwakilan diplomatik RI di luar negeri untuk kegiatan pertukaran mahasiwa maupun magang dan KKN,” imbuh Zain.

IRSS yang akan berlangsung selama satu bulan ini secara resmi telah dibuka oleh Dr. Takdir Ali Mukti selaku Dekan FISIPOL UMY dan dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Prof. Ali Muhammad, Ph.D selaku dosen HI UMY. Selanjutnya pertemuaan IRSS akan dilaksanakan 2 sesi setiap harinya selama satu bulan. Pada akhir program para peserta dari luar negeri akan diberikan pengalaman budaya di Indonesia. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang, Kementerian PPPA Turun Tangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement