Advertisement

Road Traffic Safety Summer School 2023 Dorong Peningkatan Keselamatan Berlalulintas

Lugas Subarkah
Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:37 WIB
Sunartono
Road Traffic Safety Summer School 2023 Dorong Peningkatan Keselamatan Berlalulintas Pelaksanaan Road Traffic Safety Summer School 2023, di UMY, Senin (28/8/2023). - istimewa/UMY.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—UMY bersama sejumlah perguruan tinggi lainnya dari dalam dan luar negeri menggelar Road Traffic Safety Summer School 2023, 28 Agustus-8 September 2023, di ruang Amphitheatre Gedung Pascasarjana UMY. Kegiatan ini mendorong peningkatan keselamatan berlalu lintas.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dari tahun 2019 hingga 2021, Indonesia mengalami peningkatan kecelakaan lalu lintas dan menyentuh angka 103.645 kejadian pada tahun 2021. Di samping itu, Indonesia juga memiliki tingkat kematian tergolong tinggi akibat kecelakaan berkendara di jalan.

Advertisement

BACA JUGA : Astra Motor Yogyakarta Bekali Keselamatan Berkendara

Melalui Road Traffic Safety Summer School 2023, yang berkolaborasi dengan Erasmus+ Programme of The European Union, UMY bersama beberapa perguruan tinggi di Indonesia dan Portugal melakukan diskusi mengenai keselamatan berlalu lintas.

Road Traffic Safety Summer School 2023 diikuti 19 peserta yang berasal dari Universidade do Porto Portugal, UMY, UGM dan Institut Teknologi Bandung. Rangkaian acara dimulai dengan pemaparan materi dua Keynote Speaker dari UGM dan perwakilan The Asiasafe Project and European.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama di dalam kelas-kelas yang diikuti oleh ke-19 peserta selama dua minggu ke depan. Erasmus+ Project Team Leader UGM, Siti Markhamah, dalam pemaparan materinya menyebutkan berdasarkan data Korlantas Polri, kecelakan lalu lintas di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Indonesia dengan populasinya yang banyak, menambah angka kecelakaan lalu lintas tiap tahunnya. Sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun berdasarkan data Korlantas Polri,” katanya.

Ia merekomendasikan manajemen keselamatan berlalu lintas harus diperbaiki dan dikembangkan secara lebih masif. “Mengembangkan manajemen keselamatan berlalu lintas dengan mengenali sifat dan karakter pengendara, mengedukasi generasi muda untuk menerapkan konsep keselamatan dalam berlalu lintas,” kata dia.

Road Traffic Safety Summer School 2023 kali ini mendatangkan pemateri dari perwakilan The Asiasafe Project and European, Sara Ferreira. Dalam pemaparan materinya ia menegaskan perihal program Vision Zero terhadap kecelakaan berlalu lintas.

BACA JUGA : Dishub DIY Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan

“Kita harus menggencarkan program Vision Zero terhadap kecelakaan lalu lintas ini guna menekan angka kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan berlalu lintas. Dengan memegang teguh tujuan akhir pada 2050 dengan nol kecelakaan,” paparnya.

Ketua Road Traffic Safety Summer School 2023, Noor Mahmudah, menuturkan kecelakaan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yakni kesalahan manusia, faktor struktur dan kelengkapan informasi dan penerangan jalan, faktor kendaraan itu sendiri dan lainnya.

Adapun di Jogja, pemerintah setempat sudah menerapkan batas kecepatan maksimal untuk berkendara. “Dinas Perhubungan menguatkan peraturan mengenai batas kecepatan maksimal berkendara di Jogja. Hal ini pula yang diharapkan agar mendorong penurunannya angka kecelakan lalu lintas,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement