Advertisement

Skripsi Tidak Wajib, Rektor UWM: Bisa Diganti Tugas Akhir Lainnya

Newswire
Jum'at, 01 September 2023 - 10:37 WIB
Ujang Hasanudin
Skripsi Tidak Wajib, Rektor UWM: Bisa Diganti Tugas Akhir Lainnya Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec (tengah) saat memberi keterangan pers kepada wartawan, Kamis (31/8 - 2023)./Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Jogja, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid menyatakan skripsi bagi mahasiswa strata satu (S1) sebagai syarat kelulusan dapat diganti dengan tugas akhir lainnya. Hal ini menanggapi peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim bahwa mahasiswa S1 dan D4 tidak wajib membuat skripsi.

"Penggantian skripsi dengan tugas akhir lainnya itu bukan suatu masalah dalam dunia akademik. Dengan catatan tetap memenuhi kaidah ilmiah," kata Edy di Jogja, Kamis (31/8/2023)

Advertisement

Menurut dia, mahasiswa jangan dipaksa menulis skripsi sebagai syarat kelulusan, tetapi dapat diganti dengan karya yang dihasilkan atau membuat laporan sebagai hasil selama mahasiswa yang bersangkutan melakukan magang di sebuah instansi atau perusahaan.

"Hal itu dapat disesuaikan dengan program studi yang diambil mahasiswa yang bersangkutan. Penggantian skripsi dengan tugas akhir lainnya tidak akan menurunkan mutu pendidikan," kata Edy.

BACA JUGA: Prof Edy Suwandi Hamid Kembali Jabat Rektor Universitas Widya Mataram

Sebelumnya, Menteri Nadiem membuat aturan baru terkait syarat lulus kuliah pada jenjang S1 dan D4. Nadiem menyatakan syarat kelulusan mahasiswa S1 dan D4 tidak wajib membuat skripsi.

Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement