Advertisement

Berani Buka Usaha Sejak Dini, Puluhan Pelajar SMK DIY Peroleh Penghargaan

Sunartono
Rabu, 06 September 2023 - 22:57 WIB
Sunartono
Berani Buka Usaha Sejak Dini, Puluhan Pelajar SMK DIY Peroleh Penghargaan Sebanyak 91 pelajar SMY di DIY memperoleh penghargaan atas kreativitasnya dalam mengembangkan bisnis, Selasa (5/9/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 91 pelajar SMK di DIY mendapatkan penghargaan atas kreativitasnya dalam mengembangkan usaha sejak dini di berbagai bidang. Para pelajar ini tergabung dalam inkubasi bisnis melalui program Momenku Siap Berkemas yang digulirkan oleh Disdikpora DIY.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Didik Wardoyo menyatakan pemberian penghargaan kepada pelajar SMK yang berinisiatif memulai membuka usaha ini merupakan kali kedua digelar melalui program Momenku Siap Berkemas. Pada 2023 ini memberikan penghargaan kepada 91 siswa yang membuka bisnis di berbagai bidang.

Advertisement

BACA JUGA : Kamis Pahing, Saatnya Siswa SMKN 1 Pandak Pasarkan Hasil Produk Belajar Mereka

“Para pelajar ini tersebar di lima kabupaten dan kota di DIY, usahanya berbagai bisang ada yang jasa, jual beli sayuran, kuliner. Mereka membuka secara mandiri dari kecil, maka kami memberikan pendampingan dan apresiasi agar mereka terus beerlanjut dan termotivasi untuk berbisnis,” kata Didik kepada wartawan di sela-sela pemberian penghargaan Selasa (5/9/2023).

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X menyatakan melalui rintisan wirausaha untuk mengantisipasi perlambatan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja yang terbatas. Siswa SMK perlu didukung untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan, serta meningkatkan keahlian dan keterampilan yang akan dibutuhkan pelaku wirausaha di masa depan.

“Sehingga perlu perluasan kolaborasi atau sinergi dengan mitra-mitra strategis dalam membangkitkan semangat berwirausaha serta membangun ekosistem yang kondusif untuk mendorong berwirausaha bagi para lulusan siswa SMK,” kata Wagub dalam sambutannya.

BACA JUGA : Cek di Sini! Jumlah Kuota Kursi PPDB SMA Negeri di Jogja, Paling Banyak SMAN 11

Ia menambahkan program Momenku Siap Berkemas yang diinisiasi sejak 2022 merupakan salah satu upaya melibatkan siswa SMK untuk meningkatkan indeks pembangunan pemuda dan menekan angka kemiskinan dengan kemandirian wirausaha. Pemberian apresiasi ini menjadi bukti komitmen dan sinergisitas yang berkelanjutan untuk meningkatkan motivasi siswa SMK dalam meningkatkan kemampuan wirausaha.

“Selain bekerja di industri atau melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi, lulusan SMK juga didorong menjadi wirausaha kreatif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement