Advertisement

Jawara di 10 Kategori, Mahasiswa Psikologi UII Raih Juara Umum di Kompetisi Ilmiah

Sunartono
Sabtu, 09 September 2023 - 06:57 WIB
Sunartono
Jawara di 10 Kategori, Mahasiswa Psikologi UII Raih Juara Umum di Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi UII meraih juara umum dalam kompetisi Kimpsi 2023. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) meraih juara umum dalam Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi (Kimpsi) 2023. Para mahasiswa berhasil menjuarai 10 kategori dari total 13 kategori dengan total meraih 15 piala.

Kimpsi merupakan kompetisi mahasiswa tingkat nasional ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Inter-Islamic University Conference on Psychology Forum (IIUCP Forum). Presiden IIUCP Fuad Nashori mengatakan tujuan kompetisi untuk menyebarkan ilmu yang berbasis kitab suci al Qur’an dan Hadist Nabi di bidang psikologi sebagaimana dikembangkan oleh para ahli. Selain itu untuk menghidupkan kerja sama antar universitas Islam, meningkatkan kesiapan perguruan tinggi Islam menghadapi berbagai akreditasi dan sertifikasi nasional dan internasional.

Advertisement

BACA JUGA : Bahas Bencana Alam, Mahasiswa UAJY Prestasi Mentereng

“Selain itu mendorong lahirnya calon ilmuwan muslim yang penuh semangat juang dan penuh manfaat di masa depan,” kata Fuad dalam rilisnya, Sabtu (9/9/2023).

Sebagian lomba bertema psikologi Islam dan psikologi kontemporer, keseluruhan dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa aktif dari 20 perguruan tinggi anggota IIUCP Forum. "Khusus babak final untuk lomba Psy-Poem dan Psy Quiz dilaksanakan secara luring di Universitas penyelenggara Kimpsi 2023," katanya.

Dalam ajang itu UII berhasil menorehkan prestasi sebagai juara umum setelah menyabet 15 piala dengan satu piala sebagai juara umum, delapan piala sebagai juara emas, lima perak, dan satu perunggu.

Dekan FPSB UII Qurotul Uyun mengapresiasi delegasinya atas prestasi yang diraih dalam kompetisi tersebut. Ia berharap mahasiswa terus diberi motivasi agar mampu bersaing pada kompetisi selanjutnya baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Proses seleksi kami melakukan penjaringan, mempersiapkan dosen-dosen pembimbing yang kompeten sesuai dengan kategori lomba yang diikuti oleh mahasiswa, serta melakukan proses seleksi dan pendampingan bagi mahasiswa,” ujarnya.

BACA JUGA : Prestasi Dosen dan Mahasiswa UWM Jogja Meningkat Tajam

Ketua Prodi Psikologi Program Sarjana, Hazhira Qudsyi berharap capaian ini dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa agar dapat semakin meningkatkan potensi dan prestasi di masa mendatang. Prodi Psikologi UII berkomitmen untuk memfasilitasi pengembangan dan pembinaan bakat minat mahasiswa, dalam berbagai bentuk aktivitas.

“Upaya ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memaksimalkan potensi untuk mencapai prestasi dalam bidang akademik maupun bidang non-akademik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Tawaran Jadi Buzzer Bea Cukai dengan Tarif Rp100 Juta Per Video, Berikut Klarifikasi dari DJBC

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement