Advertisement

UII Perpanjang Kerja Sama Lembaga Sertifikasi Internasional ACCA, Ini Manfaatnya

Sunartono
Senin, 11 September 2023 - 22:27 WIB
Sunartono
UII Perpanjang Kerja Sama Lembaga Sertifikasi Internasional ACCA, Ini Manfaatnya Mahasiswa Akuntansi UII saat berfoto bersama dengan para trainer lembaga sertifikasi internasional ACCA. - Istimewa/Humas UII.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sertifikasi berskala internasional memiliki peran penting bagi suatu lulusan untuk bisa bersaing di dunia kerja. Prodi Akuntansi Universitas Islam Indonesia (UII) merespons kebutuhan itu dengan melakukan kerja sama dengan lembaga sertifikasi internasional seperti Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) telah memasuki tahun ke-10.

Kedua instansi ini kembali memperbarui penandatangan kerja sama diselingi dengan talkshow yang digelar pada 7 September 2023 lalu. ACCA merupakan lembaga sertifikasi profesi bergengsi yang sudah mendunia, beberapa negara sudah menjadikan gelar ACCA sebagai syarat untuk bekerja, seperti Singapura dan Malaysia. Oleh karena itu sertifikasi ACCA memberikan manfaat bagi para akuntan dalam memasuki dunia kerja.

Advertisement

BACA JUGA : Pelatihan Internasional Ditutup, Peserta dari Afghanistan

Sekretaris Program Studi Akuntansi Program Sarjana UII Muamar Nur Kholid mengemukakan, selama 10 tahun terakhir kerja sama antara UII dan ACCA berbagai manfaat telah didapatkan oleh mahasiswa dan alumni selama menjalani proses perkuliahan di Prodi Akuntansi UII. Terutama berkaitan dengan fasilitas exemption atau pembebasan mahasiswa UII dari 12 modul ACCA pada tingkat fundamental.

Sehingga, bagi lulusan Prodi Akuntansi, akan mendapat gelar Sarjana Akuntansi dan bekal kualifikasi ACCA dalam bentuk Diploma in Accounting, Advance Diploma in Accounting and Business atau Bsc in applied Accounting dari Oxford Brookes University hanya dengan melakukan maksimal 3 ujian modul tingkat fundamental.

“Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan untuk mendapatkan kelas revisi dari tutor internasional, dan mendapatkan kesempatan langsung untuk berhubungan dengan approved employer ACCA. Kami  telah mempersiapkan para dosen dengan Train The Trainer (TTT) langsung dari ACCA untuk menjadi pengajar di kelas ACCA,” kata Nur Kholid dalam rilisnya, Senin (11/9/2023).

ACCA Lifetime Member, Chairman SW Indonesia Ahmadi Hadibrot menilai perkembangan pesat dalam beberapa dekade terakhir yang memiliki dampak pada pentingnya kemampuan analitis dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam proses perekonomian. Berbagai macam pekerjaan telah diambil alih oleh teknologi.

Akan tetapi dengan memiliki kualifikasi profesi seperti ACCA, memastikan seorang mahasiswa dalam kelas yang terbaik dalam mempersiapkan diri menjadi seorang akuntan profesional. “Profesi akuntansi akan selalu dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan bisnis di tengah gempuran berbagai pekerjaan yang diambil alih oleh teknologi,” katanya.

BACA JUGA : Desa Terindah di Sleman Menjadi Percontohan hingga Dunia

Rektor UII Profesor Fathul Wahid mengatakan UII telah bertransformasi seiring dengan perkembangan zaman dan terus berkomitmen untuk memperkuat  proses internasionalisasi. Berbagai upaya telah dilakukan UII untuk menyambut ketidakpastian dan tantangan yang ada di masa depan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan internasionalisasi UII melalui akreditasi, sertifikasi dan join program dengan berbagai partner internasional seperti ACCA.

“Kami ingin melengkapi para mahasiswa kami dengan kapabilitas internasional yang akan menjadi bekal untuk berkompetisi di berbagai belahan dunia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement