Advertisement

Unisa Gelar Wisuda 784 Mahasiswa, 78,7% di Antaranya Cumlaude

Media Digital
Senin, 02 Oktober 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Unisa Gelar Wisuda 784 Mahasiswa, 78,7% di Antaranya Cumlaude Suasana wisuda mahasiswa Unisa Yogyakarta yang digelar di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan UNISA Yogyakarta, Sabtu (30/9/2023). - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menggelar wisuda, Sabtu (30/9/2023).  Acara wisuda yang digelar kali ini terbilang istimewa lantaran kali pertama diadakan di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan UNISA Yogyakarta.

Dalam wisuda kali ini, Unisa Yogyakarta melepas sebanyak 784 lulusan. Dari total lulusan tersebut, sebanyak 78,7% di antaranya berhasil meraih predikat cumlaude, menunjukkan dedikasi tinggi dan kerja keras mereka selama masa kuliah.

Advertisement

Tidak hanya itu, sebaran Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan juga menunjukkan kualitas pendidikan yang tinggi di UNISA Yogyakarta. Untuk program pascasarjana, IPK rata-rata lulusan mencapai 3,88, sementara untuk sarjana mencapai rata-rata IPK 3,38, dan diploma dengan rata-rata IPK 3,78.

Dalam hasil uji kompetensi mahasiswa, hasil luar biasa juga diperoleh. Program studi D3 kebidanan mencapai tingkat kelulusan sebesar 96%, sementara untuk program Diploma Teknik Radiodiagnostik (TRR) 99.1 %, prodi Teknologi laboratorium Medik (TLM) mencapai 88,67%.

Program profesi bidan 90 %, profesi keperawatan  92,56%, keperawatan anestesi mencapai tingkat kelulusan 100%. Hal ini menunjukkan standar tinggi dalam pembekalan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa di Unisa.

Tidak hanya itu, universitas ini juga berhasil menarik perhatian 2.500 mahasiswa baru yang bergabung, menandakan reputasi yang baik dan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan di Unisa.

Rektor Unisa Yogyakarta, Dr. Warsiti, M.Kep., Sp.Mat., menyampaikan bahwa keberhasilan ini adalah buah dari perjuangan mahasiswa dalam tiga masa, yaitu masa pra-Covid-19, saat pandemi, dan masa pasca-Covid-19.

BACA JUGA: Beri Kuliah Umum di Unisa, Ini Pesan Kapolri untuk Generasi Muda

Mereka telah menunjukkan ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam perjalanan akademik mereka.

Selain itu, Unisa juga mencatat prestasi luar biasa dengan adanya pengangkatan jabatan fungsional tertinggi guru besar pertama di Unisa Yogyakarta dan juga bidan profesor Ilmu Kebidanan  pertama di Indonesia.

Selanjutnya  akan membuka program S3 Kebidanan serta program S2 Keperawatan dan S2 Fisioterapi.  ‘’Ini adalah langkah besar kami dalam memajukan bidang kesehatan dan pendidikan di Indonesia’’, kata Warsiti

Dia mengatakan, semua pencapaian ini menjadi bukti bahwa Unisa Yogyakarta terus berkomitmen memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan melahirkan lulusan-lulusan yang siap bersaing di dunia profesional.

“Selamat kepada semua lulusan UNISA yang telah berhasil meraih gelar, dan semoga mereka terus berprestasi dalam karir mereka ke depan.”

Momentum Penting

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. yang hadir dalam acara wisuda itu mengatakan wisuda merupakan momentum penting dalam perjalanan akademik, di mana para lulusan mempertanggungjawabkan gelar mereka secara moral dan intelektual. Dia mengingatkan para lulusan bahwa wisuda hanyalah awal dari perjuangan mereka, terutama saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah V./Istimewa

Di dalamnya, diperlukan keuletan yang tinggi dan semangat juang yang kuat, yang akan menentukan masa depan.

Prof. Aris juga menekankan pada keterampilan yang harus dimiliki oleh lulusan untuk sukses di dunia nyata. Di antaranya keterampilan dalam pemecahan masalah, kemampuan bekerja dalam tim dengan baik, etika kinerja yang tinggi, kemampuan menganalisis untuk pengambilan keputusan yang tepat, dan keterampilan komunikasi yang efektif untuk menjual ide-ide.

Prof. Aris juga menekankan pentingnya menjadi pembelajar sepanjang hayat. Dia mengajak para lulusan untuk terus berjuang untuk mengembangkan diri dan selalu mencari peluang untuk belajar dan tumbuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lindungi Rumah Ibadah dari Mafia Tanah, AHY: Program Sertifikat Wakaf Penting

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement