Advertisement

Pameran Sanata Dharma Tempo Doeloe dan Kini: Refleksikan Masa Lalu, Imajinasikan Masa Depan

Media Digital
Rabu, 04 Oktober 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Pameran Sanata Dharma Tempo Doeloe dan Kini: Refleksikan Masa Lalu, Imajinasikan Masa Depan Pembukaan pameran Arsip bertajuk Sanata Dharma Tempo Doeloe dan Kini oleh Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ, S.S., Ph.D. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Pameran Arsip bertajuk Sanata Dharma Tempo Doeloe dan Kini yang digelar di Galery Gejayan, Lobi Perpustakaan Kampus II Universitas Sanata Dharma Mrican resmi dibuka, Rabu (4/10/2023).

Pameran yang akan berlangsung selama dua minggu ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-68 Universitas Sanata Dharma.

Advertisement

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Pelaksana Dies Natalis, Dr. Gabriel Sasmita Aji menyampaikan bahwa usaha melihat arsip sebagai dokumen terpilih yang berguna untuk perjalanan selama 68 tahun USD serta melihat komitmen pertumbuhan dan peningkatan kualitas selama ini.

“Dengan pameran arsip kita dapat mengimajinasikan masa lalu, untuk mengingatkan kalau kita memiliki identitas yang sangat kuat, yang bisa menjadi inspirasi untuk tumbuh semakin kuat dan semakin berkualitas di masa depan” ucapnya melalui rilis, Rabu.

Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ, S.S., Ph.D., sebelum membuka acara menyampaikan bahwa melalui pameran, arsip Sanata Dharma sebagai universitas Jesuit diharapkan dapat mengambil makna dalam rangka menguatkan identitas dan panggilannya di dunia pendidikan yang melayani kemanusiaan.

“Melalui pameran arsip ini dapat membuat mata kita terbuka dan mengambil makna sebagai kekayaan kita bersama. Maka pameran arsip ini mengundang kita agar melihat bisa ke dalam dan mendengarkan Tuhan mau berkata apa setelah usia kita menuju 68 tahun. Melalui pameran arsip, kita juga diingatkan kembali tentang identitas dan diajak untuk terbang jauh menggapai kenyataan yang paling mendalam, yaitu pengabdian untuk bangsa dan untuk kemanusiaan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Jalan Sehat Membuka Rangkaian Acara Dies Natalis USD ke-68

Arsip-arsip yang dipamerkan kali ini secara khusus memang dipersiapkan untuk melihat perjalanan 68 tahun Universitas Sanata Dharma, sejak berbentuk PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru) pada 1955, hingga bertransformasi menjadi universitas pada 1993 sampai dengan saat ini.

Beberapa arsip berupa foto dan dokumen asli maupun salinan dapat disaksikan oleh para pengunjung di Gallery Gejayan.

Pameran Arsip Sanata Dharma Tempo Doeloe dan Kini akan berlangsung sejak 4-18 Oktober 2022 di Galery Gejayan, Lobby Perpustakaan Kampus II Universitas Sanata Dharma Mrican.

Adapun, waktu kunjungan pameran dibuka hari setiap Senin-Jumat mulai pukul 09.00 WIB-17.00 WIB dan Sabtu mulai 09.00 WIB-12.00 WIB. Selama kegiatan pameran berlangsung, panitia juga menyelenggaran beberapa program, di antaranya buku gratis dan diskon pembelian buku sampai dengan 50% dari Bookstore USD, serta gratis pendaftaran anggota baca dan open house Perpustakaan USD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement