Advertisement

FBE UAJY Mendidik Mahasiswa Menjadi Profesional & Entrepreneur

Media Digital
Sabtu, 09 Desember 2023 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
FBE UAJY Mendidik Mahasiswa Menjadi Profesional & Entrepreneur Pelatihan Basic Human Resources Professional (BHRP) yang digelar Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Ist

Advertisement

JOGJA—Tuntutan kompetensi di lapangan pekerjaan semakin hari semakin ketat, karena jumlah peluang pekerjaan tidak sebanding dengan ketersediaan jumlah lulusan.

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyadari hal tersebut menjadi tantangan untuk mempersiapkan para mahasiswa dengan dua pilar yaitu professional dan entrepreneurship.

Advertisement

Dr. Pramudianto, PCC sebagai penanggungjawab Professional Business Center memberikan penjelasan bahwa untuk menunjang pilar professional maka mempersiapkan mahasiswa dengan program antara lain pelatihan Basic Human Resources Professional (BHRP).

Tujuannya, agar mahasiswa benar siap memasuki dunia pekerjaan dibidang pengelolaan sumber daya manusia dan Basic Sales Marketing Professional (BSMP) agar mahasiswa begitu menyelesaikan studi langsung bisa menjadi profesional dalam bidang sales marketing.

BACA JUGA: Hotel Dilarang Aji Mumpung saat Liburan Akhir Tahun, Kenaikan Tarif Maksimal 15%

Program ini dirancang selama 26 jam in class training, kemudian mahasiswa dipersiapkan untuk magang dan selanjutnya magang di berbagai perusahaan dan lembaga pemerintahan.

Menurut Hugo Bryant ternyata mahasiswa memiliki kebutuhan belajar secara praktis, bisa diterapkan, mendapatkan kesempatan magang sehingga mereka siap bekerja menjadi profesional, oleh karenanya peminatnya sangat banyak.

Sedangkan untuk pilar entrepreneurship mahasiswa dipersiapkan melalui kuliah kewirausahaan, pelatihan business incubator yaitu pelatihan untuk menjadi entrepreneur selama 18 jam, ditambah mentoring selama 4 jam dan pendampingan selama 3 bulan, program ini bekerjasama dengan sevenpreneurs.

Menurut Agy Febrian sebagai koordinator pelatihan menceritakan begitu semangatnya peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan bahkan ada peserta dari eksternal yaitu para dokter.

Hasil dari pelatihan peserta melakukan pitching atas ide bisnisnya dan ada satu tim yang membuat ecomix yaitu bisnis kopi dengan pengemasan yang unik, dari bahan alami dan satu orang telah menjalani bisnis barbershop dan ingin dikembangkan secara luas, maka mereka akan mendapatkan pendampingan dan diberi kesempatan pitching di depan para investor.

Menurut Fransiskus Wijaya, selain dipersiapkan melalui pelatihan tersebut mahasiswa mengikuti seminar tentang bagaimana mendaptkan beasiswa untuk studi keluar negeri, bekerja sama dengan lembaga schoters dan pelatihan self coaching supaya para mahasiswa mampu memberdayakan diri dan meningkatkan potensinya, sehingga mampu melampaui apa yang menjadi impiannya.

Selanjutnya Professional Busines Center akan mengembangkan pelatihan-pelatihan berbasis keterampilan antara lain pelatihan brevet A dan B, pelatihan SAP, coaching dan kepemimpinan. Upaya yang dilakukan oleh fakultas bisnis dan ekonomika UAJY ini memiliki harapan mampu menarik minat lulusan SMA yang memiliki keinginan tidak hanya kuliah saja, namun dipersiapkan untuk menjadi profesional bahkan mempersiapkan untuk studi ke luar negeri dengan mendapatkan beasiswa dan belajar sambil menjalankan atau mempersiapkan bisnis bagi masa depan. Hal ini merupakan kontribusi kami bagi dunia usaha. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gerindra Usul 4 Kader Jadi Kandidat Cagub DKI Jakarta, 2 di Antaranya Keponakan Prabowo

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement