Advertisement

Tim KKN Alternatif 88 UAD Dampingi Bank Sampah di Sorosutan

Media Digital
Senin, 11 Desember 2023 - 17:17 WIB
Maya Herawati
Tim KKN Alternatif 88 UAD Dampingi Bank Sampah di Sorosutan Tim KKN Alternatif 88 Universitas Ahmad Dahlan saat mendampingi Bank Sampah milik warga RW 12 Sorosutan, Umbulharjo, Jogja. ist - UAD

Advertisement

JOGJA—Masalah sampah masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah di DIY. Berkaca pada masalah sampah yang belum tertangani, Tim KKN Alternatif 88 Universitas Ahmad Dahlan bersama-sama melaksanakan sebuah program kerja berupa pendampingan Bank Sampah kepada warga RW 12 Sorosutan, Umbulharjo, Jogja. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka penanggulangan sampah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pendampingan ini dilaksanakan pada Sabtu (25/11/2023). Program kerja ini berfokus pada warga RW 12 Sorosutan, dan dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Di dalam implementasinya, Tim KKN Alternatif 88 UAD melakukan pendampingan mulai dari sosialisasi, hingga pemilahan sampah yang dapat di daur ulang dan memiliki harga jual.

Advertisement

BACA JUGA: Cegah Nuthuk Tarif Parkir, Dishub Sleman Minta Warga Bayar Pakai Uang Pas

Kegiatan bank sampah ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi sampah di lingkungan sekitar RW 12, tetapi juga sebagai sarana pemberdayaan masyarakat karena bisa menabung melalui sampah yang mereka kumpulkan dan di jual melalui bank sampah.

Sebenarnya, ibu-ibu PKK RW 12 telah mendirikan bank sampah pada 2019 lalu. Namun, program tersebut harus ditutup saat pandemi Covid-19 pada 2020. Ibu-ibu PKK RW 12 mengoperasikan kembali bank sampah pada 29 Januari 2021 dan mulai mengolah bank sampah kembali setiap satu bulan sekali setiap Sabtu di akhir bulan. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement