Advertisement

UAD Gelar Pelatihan Skrining Gizi bagi Kader Pesantren Lansia

Media Digital
Senin, 18 Desember 2023 - 11:47 WIB
Maya Herawati
UAD Gelar Pelatihan Skrining Gizi bagi Kader Pesantren Lansia Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan kegiatan pelatihan bagi kader Pesantren Lansia Permata yang beralamat di Bendosari, Kembang, Madurejo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman. / ist

Advertisement

JOGJA—Lansia merupakan kelompok rentan untuk mengalami masalah gizi. Hal ini mendorong tim dari Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan kegiatan pelatihan bagi kader Pesantren Lansia Permata yang beralamat di Bendosari, Kembang, Madurejo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman.

Kegiatan bertajuk Program Skrining Malnutrisi Terpadu pada Lansia (PELITA) menghadirkan tiga pembicara yaitu Fitriana, Tira Alfiani Laariya, dan Reza Achmad Maulana. Ketiga narasumber merupakan dosen aktif di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD.

Advertisement

Pada kegiatan pelatihan ini, kader lansia tidak hanya mendengarkan materi namun juga praktik langsung untuk melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, panjang ulna, hingga melakukan skrining menggunakan Mini Nutritional Assessment (MNA) secara online.

BACA JUGA: Lima Makanan Ini Kaya Vitamin E, Bantu Anda Merawat Kulit

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat Pelita, Fitriana menyatakan bahwa sesuai dengan moto yang diambil dalam kegiatan ini yaitu Menjadi Pelita bagi Lansia.

“Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader lansia dalam melakukan skrining nutrisi di Pesantren Lansia Permata, yang harapannya dapat meningkatkan status nutrisi lansia dan mencegah malnutrisi, sehingga memberikan manfaat bagi lansia,” ujarnya dalam keterangan tertulis Senin (18/12/2023).

Penanggungjawab Pesantren Lansia Permata, Tri Kaeksi, menyampaikan bahwa program Pengabdian kepada Masyarakat ini memberikan manfaat yang besar karena membersamai lansia bukan hanya bermodal semangat namun juga memerlukan peningkatan kapasitas para kader lansia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement