Advertisement

Beasiswa Cerdas Humanis, Memperluas Kesempatan Belajar lewat Pembebasan Biaya Kuliah selama 4 Tahun di Universitas Sanata Dharma

Media Digital
Jum'at, 26 Januari 2024 - 18:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Beasiswa Cerdas Humanis, Memperluas Kesempatan Belajar lewat Pembebasan Biaya Kuliah selama 4 Tahun di Universitas Sanata Dharma Universitas Sanata Dharma (USD) Jogja. ist - usd

Advertisement

JOGJA—Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2024/2025, Universitas Sanata Dharma (USD) kembali membuka program Beasiswa Cerdas Humanis. Program Beasiswa yang sudah dimulai sejak tahun 2015 ini, menyediakan fasilitas pembebasan biaya kuliah selama 4 tahun untuk belajar di salah satu program studi di USD.

Narahubung Beasiswa Cerdas Humanis yang juga Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) USD, FX. Made Setianto, menyatakan bahwa kuota Beasiswa Cerdas Humanis untuk tahun akademik 2024/2025 ini bertambah.

Advertisement

“Pada Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2024/2025, program beasiswa Cerdas Humanis menyediakan total 145 kuota yang dialokasikan untuk 14 program studi. Penambahan kuota ini dilakukan karena hasil evaluasi dan mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak yang merasakan manfaat dari beasiswa ini,” ungkapnya.

BACA JUGA: Buntut Snack Pelantikan, Dukuh dan KPPS Geruduk KPU Sleman

Made menambahkan program Beasiswa Cerdas Humanis tidak hanya menyediakan pembebasan biaya kuliah, namun juga kegiatan pendampingan bagi penerimanya. “Dalam tahap seleksi Beasiswa Cerdas Humanis, BAA menyeleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setelah lolos seleksi, para penerima juga akan melalui tahap pendampingan selama masa studi mereka di USD. Kegiatan pendampingan para penerima beasiswa Cerdas Humanis menjadi tanggung jawab Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa,” tambahnya.

Pada pendampingan yang dilaksanakan oleh Lembaga Kesejahteraan Mahasiswa (LKM) USD, terdapat beberapa kegiatan seperti seminar dan webinar yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan dan pertemuan dengan para penerima beasiswa lainnya.

Demikian yang diungkapkan Ketua LKM USD, Bruder Yohanes Sarju, M.M. Menurutnya, kegiatan pendampingan seperti seminar dan sebagainya adalah sebuah upaya untuk memberikan bekal kepada para penerima Beasiswa Cerdas Humanis. "Selain itu, lewat kegiatan-kegiatan bersama, kita juga bisa melakukan monitoring terhadap perkembangan studi mereka," ungkap Bruder Sarju.

Terkait monitoring bagi para penerima beasiswa ini, Bruder Sarju mengungkapkan bahwa pada semester tertentu, pendampingan menjadi sangat krusial, tidak saja bagi perkembangan studi, namun juga untuk tahap selanjutnya.

“Selama 10 tahun ini, saya selalu melihat perkembangan mereka, dan yang krusial ada di semester tiga ke atas. Ketika mereka dapat berkembang, saya yakin, di semester selanjutnya, atau bahkan setelah lulus nantinya, mereka akan berhasil. Banyak para penerima beasiswa yang kemudian menghubungi saya lagi setelah mereka lulus dan bekerja, untuk sekadar menunjukkan rasa terima kasih kepada Sanata Dharma. Hal ini menjadi penyemangat saya, untuk terus membimbing para penerima beasiswa,” ungkap Bruder Sarju.

Manfaat dari Beasiswa Cerdas Humanis tentu sangat dirasakan oleh para penerimanya. Seperti yang diungkapkan oleh Tania, seorang mahasiswa Pendidikan Akuntansi. “Beasiswa Cerdas Humanis sangat membantu saya. Tidak saja untuk biaya studi, namun juga untuk pengembangan diri. Adanya webinar setiap bulan menjadi pengingat untuk saya untuk terus mengembangkan diri, memahami visi dan misi Universitas Sanata Dharma, serta tujuan kami kuliah,” ungkapnya.


Ketentuan Beasiswa Cerdas Humanis


Dilansir dari laman PMB USD pmb.usd.ac.id, program beasiswa ini diharapkan dapat membantu lulusan SMA/SMK yang memiliki keterbatasan finansial, namun memiliki keteguhan besar untuk terus berkembang, serta yang memiliki prestasi akademik baik dan memiliki kecakapan dalam menjadi pemimpin.

Berikut syarat penerima Beasiswa Cerdas Humanis:

● Berada di kelas XII SMA atau SMK

● Termasuk dalam ranking 10 besar saat duduk di bangku SMA/SMK dengan menunjukkan nilai rapor/surat keterangan kepala sekolah apabila tidak ada keterangan ranking dalam rapor.

● Memiliki motivasi tinggi dalam belajar

● Memiliki perilaku/karakter yang baik

● Aktif dalam kegiatan di sekolah dan atau di lingkungan masyarakat, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

● Berasal dari keluarga yang secara ekonomi tidak mampu membiayai kuliah.

Terdapat 14 program studi dan 145 kuota yang disediakan dalam program Beasiswa Cerdas

Humanis, berikut ini daftarnya:

● D3 Teknologi Rekayasa Mekatronika (12 kuota)

● Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Akuntansi (13 kuota)

● Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Ekonomi (13 kuota)

● Pendidikan Fisika (15 kuota)

● Pendidikan Kimia (15 kuota)

● Pendidikan Sejarah (10 kuota)

● Sejarah (11 kuota)

● Teknik Elektro (10 kuota)

● Pendidikan Biologi (7 kuota)

● Pendidikan Matematika (8 kuota)

● Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Indonesia (10 kuota)

● Matematika (7 kuota)

● Sastra Indonesia (10 kuota)

Anda masuk kriteria dan tertarik untuk mendaftar Beasiswa Cerdas Humanis? Berikut cara mendaftarnya:

1. Meminta rekomendasi dari pastor paroki/pimpinan jemaat/kepala sekolah.

2. Menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan yang tertera pada laman https://pmb.usd.ac.id/

3. Membeli formulir untuk mendapatkan PIN/kode pembayaran pendaftaran secara online melalui bank: BRI, CIMB Niaga, dan Mandiri

4. Melakukan pendaftaran secara online: https://pmb.usd.ac.id/posv

5. Mengunggah berkas-berkas yang diperlukan

6. Memilih jadwal tes tanggal 23 Maret 2024

7. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat melalui laman USD

Pembukaan pendaftaraan program beasiswa ini dimulai pada 1 Oktober 2023 dan berakhir pada 22 Maret 2024. Para pendaftar program ini wajib menjalani tes yang akan dijadwalkan pada 23 Maret 2024. Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 10 April 2024 melalui website pmb.usd.ac.id .Bagi mahasiswa baru yang berhasil mendapatkan beasiswa Cerdas Humanis dapat melakukan pendaftaran ulang, dengan batas akhir pada 29 Juni 2024. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tidak Hadir dalam Sidang Sengketa Pileg, 2 Pemohon Dianggap MK Tidak Serius

News
| Senin, 29 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement