Advertisement

Tenda Dibongkar Paksa, Mahasiswa UGM Tetap Bertahan Sampai Tuntutan Pembatalan IPI Dipenuhi

Catur Dwi Janati
Jum'at, 31 Mei 2024 - 20:47 WIB
Sunartono
Tenda Dibongkar Paksa, Mahasiswa UGM Tetap Bertahan Sampai Tuntutan Pembatalan IPI Dipenuhi Suasana pembongkaran tenda mahasiswa penuntut pembatalan penerapan IPI di halaman Gedung Rektorat UGM. Sejumlah mahasiswa berupaya bertahan di tenda-tenda yang tersisa pada Jumat (31/5/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Petugas Keamanan Keselamatan Kesehatan Kerja Kedaruratan dan Lingkungan (K5L) UGM membongkar paksa tenda para mahasiswa yang melakukan aksi kamping di halaman Gedung Rektorat UGM. Mahasiswa yang merasa tuntutannya belum dipenuhi menolak untuk bubar dan bertahan di tenda-tenda yang tersisa. 

Tindakan petugas mengemasi tenda para pengunjuk rasa mulai berlangsung sekitar pukul 14.22 WIB. Namun mahasiswa yang menempati tenda-tenda bersikukuh untuk tetap bertahan. Sementara petugas tetap mengemasi barang-barang para mahasiswa. Tenda, sejumlah spanduk, karangan bunga satu per satu dikemasi para petugas. Mahasiswa enggan beranjak di lokasi unjuk rasa berupaya mempertahankan tenda-tenda yang tersisa. 

Advertisement

BACA JUGA : 4 Hari Kamping di Halaman Gedung Rektorat, Mahasiswa Akhirnya Ditemui Jajaran Pimpinan UGM

Humas Aliansi Mahasiswa UGM, Maulana menegaskan massa aksi akan tetap bertahan hingga tuntutan mereka dicapai. "Yang pasti tetap bertahan sampai tuntutan kita dicapai, tuntutan kita dipenuhi sama Bu Ova," kata Maulana pada Jumat (31/5/2024).

Maulana menyebut ada sekitar 150 mahasiswa yang bertahan saat pembongkaran dilakukan. Namun seiring makin sore, sejumlah mahasiswa nampak masih berdatangan. "Bagaimana pun entah itu nanti adanya represi dari aparat, kita tetap bertahan di sini," katanya  

Tuntutan massa aksi masih sama seperti yang digaungkan sejak awal. Mereka menuntut Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dibatalkan bagi jalur maupun golongan apapun dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dikembalikan ke delapan golongan   "Iya, uang pangkal dihapuskan dari semua jenjang maupun dari semua jalur. UKT kembali ke delapan golongan," ujarnya. 

BACA JUGA : Menolak Dibubarkan, Mahasiswa Penuntut Pembatalan IPI dan Satuan Pengamanan UGM Bersitegang

Sekretaris Universitas UGM, Andi Sandi menyebut pihaknya sejak awal telah menyampaikan bila lokasi aksi merupakan ruang yang akan digunakan kampus. Selain itu Andi telah meminta mahasiswa untuk mengemasi tenda pada Kamis (29/5/2024) malam. Namun hingga Jumat (30/5/2024) tenda-tenda mahasiswa masih berdiri. Bahkan Rektor UGM pun telah turun bertemu dengan mahasiswa sebelum Salat Jumat.

"Kami meminta kepada mereka dengan baik-baik, kalau tidak karena kepentingan yang lebih besar, ada kegiatan yang juga kita lakukan besok selain upacara," kata Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! Hasyim Asy'ari Resmi Diberhentikan dari Jabatan Ketua KPU karena Tindak Asusila

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement