Advertisement

Kisah WNI di Riverside AS Rayakan Iduladha 2024: Salat Id Dibagi 2 Sif dan Tanpa Daging Kurban

Sunartono
Selasa, 18 Juni 2024 - 14:57 WIB
Sunartono
Kisah WNI di Riverside AS Rayakan Iduladha 2024: Salat Id Dibagi 2 Sif dan Tanpa Daging Kurban Aktivtas Iduladha di Riverside Amerika Serikat, Minggu (16/6/2024). - Dok Pribadi/Lisistrata Lusandiana.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seorang WNI asal Jogja yang tinggal di Amerika Serikat, Lisistrata Lusandiana membagikan kisahnya merayakan Iduladha 2024 di Riverside. Sebuah kota di AS yang jarang sekali terdengar azan.

Lisistrata Lusandiana merupakan mahasiswa Program Doktoral di University of California, jurusan Antropologi melalui beasiswa Fulbright. Ia tinggal di kontrakan tipe studio di Riverside yang jaraknya dari kampus sekitar 2 kilometer. Ia punya kesempatan menjadi tetangga dari masyarakat dengan latar belakang yang beragam, seperti Meksiko, Peru dan Jepang.

Advertisement

BACA JUGA : Berikut Daftar Lokasi Salat Iduladha Senin 17 Juni 2024 untuk Kota Jogja, Sleman dan Bantul

"Sejak di Riverside, saya tidak pernah mendengar azan. Sama halnya ketika Idul Fitri, Iduladha tahun 2024 ini cukup berbeda dari perayaan ketika masih berada di Indonesia. Jauh dari keluarga, perayaan seperti ini tentu terasa sungguh berbeda," kata Lisistrata Lusandiana membagikan pengalamannya kepada Harianjogja.com, melalui surel sebagaimana diterima Selasa (18/6/2024).

Ia merayakan Iduladha pada Minggu (16/6/2024) dengan salat di Masjid Riverside Islamic Center di area kampus yang juga jaraknya sekitar 2 kilometer dari tempat tinggalnya. Menariknya, sebagian besar jemaah yang datang ke masjid Riverside berlatar belakang Arab, India, dan Afrika.

Lisistrata Lusandiana, mahasiswa Program Doktoral di University of California. /Dok-Pribadi.

Tidak banyak WNI yang melakukan salat di Masjid ini karena sebagian besar mereka berkumpul di masjid NMC (Nusantara Muslim Community) di San Bernardino. Mahasiswa Indonesia yang ada di University of California, Riverside, juga tidak banyak.

Di Masjid ini tidak ada penyembelihan hewan kurban karena pemotongan dilakukan di tempat khusus. Karena keterbatasan tempat, panitia menyiapkan dua sif salat untuk Iduladha, pukul 08.00 dan 09.00 waktu setempat.

"Setelah selesai salat sif yang pertama, panitia menyiapkan donat dan kurma untuk para jemaah. Coffee truck di dalam masjid. Setelah shalat Ied, kita bisa menikmati donat dan segelas kopi," ujarnya.

BACA JUGA : Rutan II B Bantul Tak Buka Layanan Kunjungan Saat Iduladha

Iduladha di Riverside memang tergolong relatif sepi dibandingkan dengan Iduladha di tanah air. Tidak ada kerja bakti di Masjid dan kumpul bersama tetangga untuk distribusi daging kurban.

"Tidak ada pesta sate bersama keluarga di rumah. Meski demikian, justru di situlah saya dan suami bisa menghayati apa itu kurban, pengabdian, dan keikhlasan," ujar Lisistrata Lusandiana tinggal di Riverside sejak setahun terakhir bersama suaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN Baru Mencapai 15 Persen Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement