Advertisement

AYWS Sekolah Komprehensif di Jogja dengan Kurikulum Internasional

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 22 Juni 2024 - 07:47 WIB
Abdul Hamied Razak
AYWS Sekolah Komprehensif di Jogja dengan Kurikulum Internasional Wakil Kepala Bidang Akademik BPPH Al Azhar Yogyakarta, Suhartini NS, di salah satu ruang kelas AYWS, Jumat (22/6 - 2024) ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai kota pendidikan, Jogja memiliki banyak lembaga pendidikan yang ditawarkan ke masyarakat. Mulai dari tingkat TK hingga SMA. Salah satunya adalah Al Azhar Yogyakarta World Schools (AYWS) di Gamping, Sleman.

Sekolah ini dilengkapi dengan boarding school atau pesantren dan pondok tahfidz. Selain, AYWS nantinya akan diisi dengan pendidikan mulai tingkat KB-TK, SD, SMP dan SMA.

Advertisement

Sebagai sekolah yang mengadopsi kurikulum Cambridge, AYWS menerapkan sistem pembelajaran full berbahasa Inggris. Bahkan, seluruh karyawan, satpam hingga petugas cleaning servise juga wajib berbahasa Inggris saat berada di lingkungan sekolah ini.

BACA JUGA: Mengenal Fakultas Teknobiologi UAJY dengan Berbagai Fasilitas Laboratoriumnya

Saat ini, AYWS sudah memiliki satu dari rencana tiga tower. Masing-masing tower memiliki 10 lantai. Proses pembelajaran di sekolah ini dimulai pada Juli tahun ini. "Untuk SMP ada tiga rombel, SMA dua rombel. Saat ini untuk SMP sudah ada dua rombel, dan SMA baru 1 rombel. Masing-masing rombel 25 siswa,” ujar Wakil Kepala Bidang Akademik BPPH Al Azhar Yogyakarta, Suhartini NS, Jumat (22/6/2024).

Menurut Suhartini, konsep pendidikan di AYWS menerapkan keseimbangan antara akademis, agama dan sosial. Sistem Pendidikan yang dilakukan dengan menggabungkan tiga model kurikulum, yakni kurikulum nasional, internasional dan keagamaan.

"Kami menitikberatkan pada pengembangan STEAM atau science, technology engineering, art dan mathematics," katanya.

Sistem ini, lanjut Suhartini, diterapkan untuk memastikan tumbuh kembang anak berdasarkan multiple intelligence dan minat serta bakat anak. Diharapkan siswa nantinya mampu mengedepankan daya nalar kritis.

“Saat ini dunia tidak hanya membutuhkan orang cerdas secara akademis, tapi lebih penting butuh orang yang memiliki karakter, akhlak dan budi pekerti mulia. Baik dalam hubungan dengan Tuhan, maupun dalam hubungan sosial sesama manusia," terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Direktur Riset Pengembangan dan Kerjasama Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta, Dwi Yuliantoro. Sebagai sekolah berkelas dunia, kata Dwi, muatan kurikulum dan sistem yang digunakan berbasis internasional. "Selain menggunakan kurikulum dan sistem dari pemerintah dan Yayasan Pesantren Islam (YPI). AYWS telah bekerjasama dengan Cambridge International School," katanya.

Sekolah Internasional Cambridge merupakan sekolah-sekolah Internasional yang menerapkan kurikulum Cambridge di sekolahnya. Kurikulum Cambridge lebih mempersiapkan siswanya untuk siap bersaing secara global.

Saat ini terdapat lebih dari 10.000 sekolah Internasional tersebar di 160 negara yang telah menerapkan kurikulum ini. Di Indonesia ada lebih 220 sekolah yang menggunakan kurikulum Cambridge, salah satunya Al Azhar di Yogyakarta. AYWS juga bekerja sama dengan Northern Illinois University (NIU) Amerika Serikat.

Fasilitas yang disediakan di AYWS mengadopsi sistem kekinian. Ruang kelas misalnya menggunakan smart board dan formasi kursi siswa tidak disusun sebagaimana ruang kelas pada umumnya sekolah-sekolah.

Proses penggantian mata pelajaran juga menggunakan sistem mobile. Siswa akan pindah ke ruang kelas ketika ganti mata pelajaran. Selain itu, ada juga ruang khusus bagi siswa yang ingin mengetahui dan mengakses perguruan-perguruan tinggi di luar negeri.

"Kami membantu proses pendaftaran hingga cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. AYWS akan membantu siswa untuk mendaftar dan cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri sesuai persyaratan," jelas Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Gandeng Densus 88 untuk Cegah Intoleransi di Madrasah

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement