Advertisement

Student Center UAJY Sarana Kreasi dan Aktualisasi Mahasiswa

Media Digital
Jum'at, 28 Juni 2024 - 23:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Student Center UAJY Sarana Kreasi dan Aktualisasi Mahasiswa Student Center UAJY.ist - uajy

Advertisement

UNIVERSITAS Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menjadi salah satu perguruan tinggi swasta ternama di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain lokasi kampus yang strategis, UAJY memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan untuk seluruh mahasiswa.

Salah satu fasilitas yang disediakan adalah student center. Gedung ini berada di sebelah barat Kampus II Gedung Thomas Aquinas, Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman. Fasilitas di dalam gedung Student Center yang dibangun sejak Juli 2020 itu cukup lengkap.

Advertisement

BACA JUGA: Berikut Peringkat 10 Kampus Swasta Terbaik di Yogyakarta

Gedung ini dibangun setinggi 5 lantai di area seluas 4.200 meter persegi. Student Center UAJY dirancang memiliki 5 lantai dengan luas area 4200 m2. Basement terdiri dari dua lantai yang digunakan untuk area parkir. 

Lantai satu digunakan untuk kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Ruang-ruang pada lantai dasar disusun dengan partisi-partisi berwarna yang membuat dinamika ruang berjiwa anak muda. 

Lantai dua digunakan untuk Ruang KKACM, toko buku, souvenir shop, kantin, collaborative space dan penunjang kegiatan mahasiswa lainnya. Area kantin diharapkan dapat menjadi ruang perjumpaan bagi para mahasiswa, dosen dan masyarakat.

Lantai tiga digunakan untuk kegiatan multi fungsi seperti olah raga dan pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang seperti wisuda dan kegiatan akademik.

Sesuai namanya, keberadaan Student Center bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat kalangan mahasiswa. Di dalamnya selain dilengkapi dengan ruang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), juga disediakan Gedung Olah Raga (GOR), kantin, co-working space, toko buku, Kantor Kemahasiswaan Alumni dan Campus Ministry (KKACM), serta meeting room.

Secara fungsi, student center memang dibangun sebagai sarana dan fasilitas bagi mahasiswa untuk berkreasi. Sebagai anak-anak muda, para mahasiswa tentu membutuhkan tempat untuk mengaktualisasikan diri. 

Selain itu, GOR yang tersedia juga dapat digunakan untuk kegiatan akademik lainnya, seperti konferensi, seminar, dan upacara wisuda. UAJY menyediakan gedung ini untuk kapasitas maksimum 2.500 orang. 

Tak hanya itu, gedung Student Centre ini akan mewadahi berbagai macam kegiatan mahasiswa. Di antaranya, olahraga (basket dan futsal), kesenian (pentas musik, tari, dan teater), kewirausahaan, kegiatan UKM, rapat mahasiswa, dan lainnya.

Sebagai sebuah ruang publik untuk kegiatan mahasiswa, desain arsitektur student center mengikuti pendekatan inklusif, kontekstual, dan ikonik. Maksud dari inklusif, yakni kesetaraan. Artinya, gedung tersebut dapat diakses siapa saja termasuk kaum disabilitas. Sementara secara kontekstual, diterjemahkan sebagai sebuah arsitektur yang mengakomodasi potensi alam.

Penataan gedung didominasi ruang terbuka yang merupakan khas arsitektur tropis dengan mengombinasikan sistem sirkulasi udara alami dan buatan. Kemudian, pendekatan ikonik terinspirasi dari logo kampus UAJY yang terus tumbuh dan berkembang. Material alami, seperti bata ekspos yang sudah menjadi identitas UAJY, ditampilkan sebagai aksen yang menguatkan.

Dalam merancang student center ini, UAJY melibatkan kalangan profesional dan akademisi yang konsen di bidang arsitektur dan tim kontraktor yang andal. Dengan dibangunnya student center, UAJY berharap dapat memberikan pelayanan yang baik dengan mewadahi kegiatan-kegiatan mahasiswa.

Para ahasiswa akan semakin aktif mengembangkan diri dan menghasilkan inovasi-inovasi baru. Student center akan menjadi wadah interaksi mahasiswa dan dosen yang dapat menjadi pendorong timbulnya inovasi-inovasi yang dihasilkan mahasiswa. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hamas Sebut Dermaga Apung Milik AS di Pantai Gaza Hanya Pertunjukan Politik

News
| Senin, 01 Juli 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement