Advertisement

Seleksi PBUB UGM: Ratusan Mahasiswa Ikuti Tes Ketrampilan

Catur Dwi Janati
Kamis, 04 Juli 2024 - 13:27 WIB
Sunartono
Seleksi PBUB UGM: Ratusan Mahasiswa Ikuti Tes Ketrampilan Suasana tes keterampilan pada jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) bidang olahraga dan seni pada Rabu (3/7/2024). - Istimewa/UGM.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ratusan calon mahasiswa yang lolos seleksi administrasi jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) bidang olahraga dan seni menjalani serangkaian tes keterampilan di GOR Pancasila dan beberapa Fakultas di Kampus UGM.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Profesor Wening Udasmoro mengatakan dari 196 calon mahasiswa yang mengikuti uji keterampilan, 134 orang  di antaranya mengikuti PBUB bidang olahraga dan 62 lainnya mendaftar PBUB bidang seni. "Semuanya merupakan hasil seleksi dari lebih dari 1.500 orang pendaftar," kata Wening pada Rabu (3/7/2024).

Advertisement

Dalam seleksi PBUB tahin ini semua calon mahasiswa bisa mendaftar di semua cabang olahraga, tidak hanya terpatok pada cabang olahraga yang ada di unit kegiatan mahasiswa (UKM) UGM. Hampir semua cabang olahraga diujikan dalam seleksi PBUB jika ada yang mendaftar. Bahkan UGM sudah membuka juga jalur prestasi untuk cabang olahraga E-sport, akan tetapi belum ada yang mendaftar.

BACA JUGA : UGM Umumkan Kuota Mahasiswa Baru 2024, Terbanyak Jalur Mandiri, Ini Detailnya

UGM lanjut Wening menyambut baik antusiasme para calon mahasiswa yang mendaftar di jalur PBUB olahraga dan seni. Para mahasiswa yang berprestasi dalam minat dan bakat ini diharapkan mampu menularkan semangat berolahraga dan rutinitas menjaga pola hidup sehat kepada rekannya di kampus nantinya.

"Kami sedang mempromosikan kampus sehat, adanya mahasiswa dengan potensi olahraga dan seni ini sangat bagus untuk mendorong dinamika di kampus, menghidupkan suasana yang nyaman, aman dan menyenangkan fakultas. Jadi dinamika di kampus, tidak hanya belajar, tapi lingkungan yang kondusif untuk berolahraga dan menjaga pola hidup sehat," kata Wening. 

Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) UGM, Prof. Gandes Retno Rahayu menambahkan para mahasiswa yang mengikuti jalur PBUB melakoni uji keterampilan di beberapa lokasi. Lokasi tes tersebut mencakup GOR Pancasila, beberapa Fakultas dan di sekitaran gedung pusat UGM. 

Gandes menyebutkan beberapa cabang olahraga yang diujikan diantaranya olahraga judo, E-sport, bridge, catur, kempo, balap sepeda, karate, futsal, hoki, renang, softball, kickboxing, atletik, muangthai, voli, panahan, basket hingga ice skating. Calon mahasiswa PBUB akan diuji oleh para penguji yang berpengalaman di bidangnya.

"Mereka yang mengikuti tes keterampilan merupakan yang sudah lolos syarat administrasi. Selain itu sudah divalidasi dan diverifikasi portofolio yang sudah mereka kirim," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Belasan Rumah untuk Menteri di IKN Ditarget Siap Huni Bulan Depan

News
| Senin, 08 Juli 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement