Advertisement

Wow, Tim PKM KC ITNY 2024 Menciptakan Alat Pendeteksi Nominal Mata Uang Kertas Model Virtual Reality

Media Digital
Kamis, 18 Juli 2024 - 17:02 WIB
Abdul Hamied Razak
Wow, Tim PKM KC ITNY 2024 Menciptakan Alat Pendeteksi Nominal Mata Uang Kertas Model Virtual Reality Tim PKM/KC ITNY 2024 yang terdiri atas Bagas Nur Susanto sebagai ketua Tim, Muhammad Asad Catur Nasrulah (anggota 1), Yahya Ginanjar Endriawan (sebagai anggota 2), dan Asniar Aliyu, ST.M.Eng sebagai Dosen Pendamping

Advertisement

JOGJA–Mahasiswa D3 Teknik Elektronika, Tim PKM KC Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) 2024 menciptakan alat pendeteksi nominal mata uang kertas model virtual reality (Apinetra.Vr)

Seringnya penyandang tunanetra menjadi korban dalam hal jual beli menginspirasi mahasiswa Prodi D3 Teknik Elektronika yang merupakan Tim PKM-KC ITNY 2024 yang terdiri atas Bagas Nur Susanto sebagai ketua Tim, Muhammad Asad Catur Nasrulah (anggota 1), Yahya Ginanjar Endriawan (sebagai anggota 2), dan Asniar Aliyu, ST.M.Eng sebagai Dosen Pendamping untuk menciptakan suatu Alat Pendeteksi Nominal Mata Uang Kertas Model Virtual Reality (APINETRA.VR) yang dapat mendeteksi nominal uang kertas sehingga penyandang tunanetra ini terhindar dari penipuan.

Advertisement

APINETRA.VR didanai oleh Kemendikbudristek melalui skema Program Kreativitas Karsa Cipta (PKM-KC) dilaksanakan selama 4 bulan dimulai pada bulan April 2024.

Gambar 1 Tim APINETRA.VR

Komponen APINETRA.VR
APINETRA.VR terdiri atas dua bagian, yakni bagian depan yang terbuka ke arah bawah dan bagian belakang yang terbuka keatas.

Pada bagian depan terdiri atas camera dan panel LED UV seperti diperlihatkan dalam gambar berikut.


Gambar 2. Bagian depan APINETRA.VR yang terbuka ke arah depan

Bagian belakang yang merupakan letak komponen elektronika yang terdiri atas Baterai, UBEC, Raspberry Pi yang sudah dilengkapi kipas DC.


Gambar 3. Bagian belakang APINETRA.VR yang terbuka ke arah atas

APINETRA.VR ini juga dilengkapi saklar ON-OFF (tombol merah) untuk menghidupkan dan mematikan alat serta Push Button (tombol hijau) yang berfungsi untuk memulai deteksi pembacaan nomial uang kertas.


Gambar 4. Saklar dan Push Button


Prinsip kerja APINETRA.VR

APINETRA.VR (Gambar 5.a) bekerja dengan cara menekan saklar pada posisi ON yang terletak pada bagian atas alat dan panel LED posisi depan akan menyala. Letakkan uang kertas pada dudukannya di bagian depan APINETRA.VR. Camera akan mengambil gambar mata uang dengan cara menekan Push Button. Gambar yang terekan oleh Camera kemudian diolah melalui raspberry pi untuk kemudian dikonversikan ke dalam bentuk suara melalui headphone. Uji coba real APINETRA.VR diperlihatkan dalam Gambar 5.b.


a. APINETRA.VR tampak samping b. Ujicoba APINETRA.VR


Gambar 5. APINETRA.VR


Uji Coba APINETRA.VR
APINETRA. VR ini sudah diujicobaan kepada penyandang tunanetra bernama Tanjung yang berprofesi sebagai pedagan yang seringkali mangkal di POM Bensi Babarsari.

Gambar 6 Uji coba alat pada bapak Tanjung

Respon positif tim PKM-KC dapatkan dari bapak Tanjung yang menyatakan bahwa alat ini bagus dan merupakan hal baru karena sepengetahuan beliau karena belum banyak ada alat deteksi selain nominal mata uang kertas juga mencantumkan keaslian mata uangnnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aktivis HAM Aysenur Tewas Ditembak Tentara Israel

News
| Sabtu, 07 September 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement