Advertisement

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Buka Program Magister Media dan Komunikasi

Media Digital
Jum'at, 19 Juli 2024 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Buka Program Magister Media dan Komunikasi Fatma Dian Pratiwi (tengah) dalam kunjungannya ke Kantor Harian Jogja, Kota Jogja, Jumat (19/7/2024). - Harian Jogja - Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogja akan segera membuka Program Magister Media dan Komunikasi. Program yang masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) ini akan menerima mahasiswa pascasarjana mulai Agustus 2024. Adapun launching program akan berlangsung 23 Juli 2024.

Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Jogja, Fatma Dian Pratiwi, mengatakan bahwa penamaan program memang spesifik media dan komunikasi. Hal ini lantaran Magister Ilmu Komunikasi sudah terlalu banyak, dan juga belum spesifik pada bidang tertentu.

Advertisement

Magister Media dan Komunikasi baru ada dua di Indonesia untuk universitas negeri, yaitu Universitas Airlangga dan UIN Sunan Kalijaga.

Sementara untuk kampus swasta baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan UIN Sunan Kalijaga. Untuk tataran perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKAIN), Magister Media dan Komunikasi hanya ada di UIN Sunan Kalijaga.

“Lapangan pekerjaan di ilmu komunikasi luas, sementara media merupakan cabangnya, kami ambil bagian ini. Dari data yang kami baca, pekerja di bidang media digital masih perlu banyak, kami berupaya menyediakan itu, untuk lulusan kami terserap di industri,” kata Fatma, dalam kunjungannya ke Kantor Harian Jogja, Kota Jogja, Jumat (19/7/2024).

Di samping mata kuliah umum, akan ada pula materi bermuatan ke-Islam-an. Misalnya filsafat dan komunikasi Islam dan lainnya. Dalam menjalankan perkuliahan Magister Media dan Komunikasi, Fishum UIN Sunan Kalijaga bekerja sama dengan kampus luar negeri dari Malaysia, Turki, Jerman, sampai Amerika Serikat.

Kerja sama dalam bentuk kolaborasi penelitian, pengajaran, sampai pertukaran mahasiswa. Nantinya mahasiswa akan banyak belajar tentang media digital. Mereka juga akan belajar praktik di beberapa industri.

BACA JUGA: Pembangunan TPSS di Puncak Bucu Dihentikan, DLH Minta Jaminan Keamanan

“Kami arahkan sekali dua kali enggak cuma belajar di kampus, tapi juga rasanya kuliah di tempat kerja, ada praktiknya. Kami lihat belum ada di perguruan tinggi lain di jurusan serupa,” katanya.

Fatma memprediksi mahasiswa yang meneruskan kuliah di Magister Media dan Komunikasi berasal dari lulusan sarjana satu, yang langsung tanpa jeda meneruskan ke jenjang berikutnya. Tren mahasiswa yang langsung melanjutkan kuliah tanpa bekerja terlebih dahulu, semakin tinggi di masa-masa ini.

Adapun perkiraan biaya kuliah di Magister Media dan Komunikasi Fishum UIN Sunan Kalijaga sebesar Rp7 juta per semester. Tidak ada biaya tambahan seperti uang gedung dan sebagainya. Dalam setahun, pendaftaran program ini dibuka sebanyak empat kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aktivis HAM Aysenur Tewas Ditembak Tentara Israel

News
| Sabtu, 07 September 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement