Advertisement

Ini Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Mahasiswa UAJY

Media Digital
Jum'at, 02 Agustus 2024 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Mahasiswa UAJY Kegiatan mahasiswa UAJY.ist - uajy

Advertisement

JOGJA—Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyediakan bimbingan konseling untuk mendampingi para mahasiswa dalam menyelesaikan studi. Layanan ini diberikan juga untuk menyelesaikan persoalan-persoalan hidup yang sedang dialami para mahasiswa.

Layanan konseling yang disediakan oleh UAJY bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam mengatasi permasalahan yang dialami selama menjalankan peran dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa maupun sebagai orang dewasa secara umum.

Advertisement

Dalam prosesnya, layanan bimbingan dan konseling diberikan seorang ahli agar mahasiswa UAJY dapat menyelesaikan studi secara cepat dan memilih bidang tugas sesuai dengan minat, bakat serta kemampuannya.

Layanan konseling yang diberikan bisa berupa konseling pribadi terkait dengan masalah-masalah pribadi. Selain itu, para mahasiswa juga bisa memanfaatkan layanan konseling pendidikan yang berkaitan dengan masalah akademik, bimbingan karier mahasiswa. Tujuannya, untuk membantu mahasiswa dalam memilih lapangan kerja serta karier yang sesuai. 

Ada juga layanan tes kepribadian dan tes kecerdasan hingga bimbingan pemecahan permasalahan tertentu baik secara individu maupun secara kelompok. Dengan pelayanan ini, diharapkan kalangan mahasiswa bisa menyelesaikan studinya dengan baik.

Adapun fasilitas layanan konseling kepada mahasiswa ini disediakan secara online maupun offline dengan konselor dan jadwal yang sudah ditentukan. Fasilitas layanan konseling ini disediakan juga sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menceritakan masalah yang sedang dihadapi.

Layanan konseling di UAJY ini juga sebagai upaya layanan untuk mengembangkan karakter Mahasiswa dan menjaga kesehatan mental seluruh mahasiswa. Begitu juga bagi karyawan UAJY.

Untuk jadwal bimbingan konseling,  mahasiswa dapat memilih dan mengisi jadwal sesuai dengan yang disediakan oleh konselor [konselor terdiri dari Romo dan Suster]. Baik secara offline [tatap muka] maupun online.

Dengan layanan ini, UAJY tidak hanya membekali mahasiswa dengan hard skill saja, tetapi juga soft skill untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa. Hal ini dilakukan dengan mengedepankan nilai unggul, humanis, inklusif, dan berintegritas sesuai visi dan misi perguruan tinggi.

Dengan demikian, UAJY diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter Atma Jaya, yaitu menjadi pribadi yang unggul, inklusif, humanis dan beritegritas, dilengkapi dengan kecerdasan emosional, spiritual dan kepribadian yang baik.

Untuk itu, UAJY juga menyediakan layanan Latihan Dasar Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (LDPKM). LDPKM ini merupakan suatu kegiatan yang integral dengan keseluruhan sistem pendidikan di UAJY yang digelar oleh Kantor Kemahasiswaan, Alumni dan Campus Ministry (Kantor KACM) dan bersifat wajib untuk mahasiswa baru.

Nilai-nilai yang ditekankan dalam LDPKM seperti daya juang (Adversity Quotient), kepribadian yang utuh dan seimbang. Hal ini untuk membantu mahasiswa memiliki kepribadian yang utuh dan seimbang baik secara intelektual, emosional, spiritual maupun attitude.

Program LDPKM ini juga diisi dengan pengembangan soft-skill Lanjutan dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut seperti latihan kepemimpinan, kursus teologi, seminar moral hingga multicultural camping. Program ini untuk mengembangkan diri agar mahasiswa UAJY memiliki karakter yang tangguh, aktif, kreatif, mandiri, dan berdedikasi tinggi, sehingga menjadi manusia yang utuh dan berkualitas. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement