Advertisement

Siap Berlaga Menjadi Warga Dunia: Wisuda Program Sarjana, Magister dan Doktor Universitas Sanata Dharma

Media Digital
Sabtu, 14 September 2024 - 16:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Siap Berlaga Menjadi Warga Dunia: Wisuda Program Sarjana, Magister dan Doktor Universitas Sanata Dharma Wisuda Program Diploma, Sarjana, dan Magister Periode I, Tahun Akademik 2024 - 2025, di Auditorium Driyarkara Kampus II USD, Mrican pada Jumat 13 September 2024.

Advertisement

JOGJA–Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan Wisuda Program Diploma, Sarjana, dan Magister Periode I, Tahun Akademik 2024/2025, di Auditorium Driyarkara Kampus II USD, Mrican pada Jumat 13 September 2024.

Upacara yang dibagi dalam lima sesi ini mewisuda 1513 lulusan yang telah menyelesaikan yudisium antara bulan Februari sampai dengan Juli 2024. Para wisudawan/wati tersebut tersebar di 33 Program Studi dari 8 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana.

Advertisement

Dengan mengusung tema “Siap Sedia untuk Berlaga”, para wisudawan/wisudawati diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuannya dalam medan laga kehidupan masyarakat global dengan tetap memegang teguh nilai-nilai humanis Sanata Dharma.

Wakil orang tua wisudawan, Petrus Sukiswanto, S.Th., menyampaikan penghargaan atas hal-hal baik yang sudah diupayakan pihak kampus bagi mahasiswa dan orang tua.

“Sebagai orang tua kami sangat merasa terhormat karena USD selalu menyelenggarakan dialog antara kampus dengan orang tua, sehingga kami dapat memantau perkembangan anak-anak kami. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas academica Universitas Sanata Dharma, yang telah menjadi kawah candradimuka bagi proses pembentukan diri putra-putri kami,” ungkapnya.

Sementara itu, wakil wisudawan, Dyah Ayu Larasti., Sp.Psi., menyampaikan pentingnya resiliensi dan fleksibiltas dalam menghadapi laga kehidupan di dunia nyata.

“Salah satu yang membuat kita ada di titik ini adalah resiliensi, yaitu kemampuan bangkit dan beradaptasi dalam menghadapi kesulitan. Resiliensi bukan sekedar bertahan saat hidup melemparkan tantangan ke arah kita, namun tentang fleksibiltas dalam perencanaan hidup. Semoga dengan kemampuan mengubah rencana hidup dengan bijak, kita tetap optimis di tengah tantangan masa depan,” ujarnya.

Rektor USD Albertus Bagus Laksana, SJ, S.S., Ph.D., dalam sambutannya mengajak para wisudawan untuk berpartisipasi aktif sebagai warga dunia (global citizen).

“Di Universitas Sanata Dharma, semua mahasiswa diharapkan bertumbuh menjadi global citizen, warga negara global, yang kokoh sebagai pribadi, cerdas dan bijak dalam mengatur hidup yang seimbang, dan berminat (passionate) untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan kebaikan bersama dalam masyarakat. Maka, sebagai alumni USD, janganlah kalian puas menjadi penonton di pinggir jalan pertumbuhan dan perjuangan bangsa kita. Mari kita merapatkan barisan, berderap menyatukan langkah, berlaga untuk Nusantara, untuk bangsa manusia, untuk semesta, apapun karya kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan wisuda gelombang pertama, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta, Prof. Setyabudi Indartono, M.M., Ph.D., menyampaikan bahwa para wisudawan selayaknya siap menghadapi tantangan masa depan menyambut Indonesia Emas.

“Anda semua telah dididik di salah satu universitas Swasta terbaik di Yogyakarta, yang telah berpredikat unggul. Maka sekarang saatnya menghadapi tantangan kehidupan nyata, dengan berbekal ilmu serta ketrampilan-ketrampilan seperti problem-solving skills, ability working in team, work ethics, analytical skills, dan communication skills,” pesannya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Masih Dikerjakan Tanpa Kajian Hukum yang Memadai

News
| Rabu, 18 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement