Advertisement

Dosen dan Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Kembangkan Sistem Kehadiran dan Monitoring Online Bagi Pamong Kalurahan Bokoharjo Prambanan

Media Digital
Senin, 16 September 2024 - 17:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dosen dan Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Kembangkan Sistem Kehadiran dan Monitoring Online Bagi Pamong Kalurahan Bokoharjo Prambanan Bentuk kegiatan pengabdian bagi masyarakat, Dosen dan Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta akan mengembangkan Sistem Kehadiran dan Monitoring On/line Bagi Pamong Kalurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Ist

Advertisement

SLEMAN—UPN Veteran Yogyakarta sebagai institusi pendidikan sangat peduli terhadap pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, salah satunya melalui program Pengabdian bagi Masyarakat (PbM) yang dikelola oleh LPPM UPN Veteran Yogyakarta. Salah satu wujud pelaksanaan program PbM tersebut dilakukan di Kalurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman.

Tim PbM yang terdiri dari Herry Sofyan M.Kom (dosen Teknik Informatika FTI) yang berkolaborasi dengan Dr. Meilan Sugiarto, M.Si. (dosen Jurusan Administrasi Bisnis FISIP), Drs. Rudi Wibowo,MSi (dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP), dan Dr. Rosalia Dwi Fadma Tj (dosen Jurusan Administrasi Bisnis FISIP) bermitra dengan Kalurahan Bokoharjo untuk mengembangkan Sistem Kehadiran dan Monitoring on-line untuk pamong kalurahan tersebut.

Advertisement

Sistem tersebut difungsikan untuk melakukan tracer secara on-line keberadaan pamong kalurahan selama waktu kerja. Adapun tujuan kegiatan PbM ini yaitu sebagai upaya meningkatkan disiplin dan keterbukaan informasi dalam melayani masyarakat Kalurahan Bokoharjo.

Kalurahan Bokoharjo sebagaimana diinformasikan oleh Bapak Lurah (Dody Heriyanto,SE) dan Bapak Carik (Muh Rosyid Akbar) sudah mewajibkan para pamong kalurahan untuk mengisi daftar hadir setiap kedatangan dan kepulangan sesuai jam kerja dari hari senin sampai jumat.

Namun, pencatatan tersebut masih dilakukan secara manual dengan mengisi buku presensi yang disediakan di bagian sekretariat kalurahan. Kondisi ini tentunya menjadi tidak efisien di era transformasi digital seperti sekarang ini, mengingat setiap pamong kalurahan sudah terbiasa dengan penggunaan aplikasi di smartphone yang mereka miliki.

Record data presensi juga masih dilakukan manual, walaupun sudah menggunakan aplikasi excel. Oleh karena itu, adanya kebutuhan untuk mengembangkan sistem kehadiran dan monitoring on-line pada saat jam kerja dari Bapak Lurah dan Bapak Carik menjadikan Tim PbM disambut baik ketika menyampaikan adanya program PbM yang disupport oleh LPPM UPN Veteran Yogyakarta untuk membantu menjembatani pemenuhan permasalahan tersebut dengan membuat sebuah aplikasi presence dan tracer yang dioperasionalkan secara on-line, tentunya tetap memperhatikan batasan-batasan yang dibutuhkan oleh user.

Untuk mendukung operasi sistem presence dan tracer secara on-line tersbut, Tim PbM juga menyusun manual prosedur terkait dengan operasionalisasi sistem tersebut, termasuk juga dilakukan bimbingan teknis terhadap para Pamong Kalurahan Bokoharjo dalam menggunakan aplikasi dari sistem tersebut.

Pada akhirnya, semua kegiatan dalam program PbM ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan Kalurahan Bokoharjo dan bermanfaat bagi warganya dan semua pihak yang membutuhkan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement