Advertisement

Lazimkan Aksara Jawa secara Manual dan Digital, Disdikpora DIY Gelar OBAJ #2

Media Digital
Minggu, 06 Oktober 2024 - 20:17 WIB
Sunartono
Lazimkan Aksara Jawa secara Manual dan Digital, Disdikpora DIY Gelar OBAJ #2 Lima finalis berpose bersama seusai melewati rangkaian seleksi babak final OBAJ2 pada 3-5 september 2024 di Atrium Premiere Hotel Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Guna melazimkan penggunaan aksara Jawa secara manual dan digital bagi pelajar SMA/SMK sederajat di DIY, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY kembali menyelenggarakan Olimpiade Bahasa dan Aksara Jawa #2 (OBAJ #2). Kegiatan ini menggandeng Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMA/SMK DIY dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Dr. Didik Wardaya, SE, M.Pd. menyampaikan OBAJ#1 pertama kali digelar pada Tahun 2022 dan mendapat respon positif dari pelajar SMA/SMK se-DIY.

Advertisement

“Kegiatan ini bertujuan mengimplementasikan Perda DIY No. 2/2021 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa serta untuk melazimkan penggunaan aksara Jawa secara manual maupun digital bagi pelajar SMA/SMK/Sederajat di DIY. Kegiatan ini didanai oleh Dana Keistimewaan DIY,” kata Didik saat membuka kegiatan babak final OBAJ #2 di Atrium Premiere Hotel Yogyakarta, Selasa (3/9).

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Drs. R. Suci Rohmadi, M.IP menyampaikan OBAJ #2 diawali dengan babak penyisihan yang telah terlaksana pada 12 Agustus 2024 – 23 Agustus 2024 secara daring. Dengan dukungan dari guru-guru mata pelajaran bahasa Jawa pelajar SMA/SMK/Sederajat di seluruh DIY, peserta OBAJ #2 mencapai 39.856 peserta. Jumlah ini meningkat dibandingkan pelaksanaan OBAJ #2 yang berkisar 10.740 peserta.

Tahapan penyelenggaran OBAJ #2 terdiri dari tiga babak, penyisihan, semifinal dan final. Pada babak penyisihan akan dipilih 50 peserta dari masing-masing Kabupaten/Kota untuk maju babak semifinal. Selanjutnya, dari 50 peserta akan dipilih satu orang terbaik untuk mewakili kabupaten dan kota masing-masing di babak final. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Dinas Anggota DPR RI Dinilai Tak Layak Huni, Sekjen Cek Langsung ke Lokasi

News
| Senin, 07 Oktober 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement