Advertisement

Cegah Daging Babi, UGM Akan Uji Sampel Makanan di Kantin Kampus dan Sekitarnya

Anisatul Umah
Selasa, 10 Januari 2023 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Cegah Daging Babi, UGM Akan Uji Sampel Makanan di Kantin Kampus dan Sekitarnya Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUniversitas Gadjah Mada (UGM) mencegah pencemaran daging babi dengan melakukan uji sampel makanan dari kantin-kantin yang berada di kampus dan sekitarnya.

Uji sampel akan dilakukan oleh Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUIPT) Institute for Halal Industry and System UGM dan Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT-UGM). Kepala LPPT UGM Yusril Yusuf mengatakan metode yang digunakan adalah metode yang telah masuk ruang lingkup terakreditasi ISO 17025:2017.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Kegiatan pengujian ini sebagai pengawasan agar kantin-kantin di UGM serta sekitarnya tetap terhindar dari pencemaran daging babi," kata dia dikutip Selasa (10/1/2023).

BACA JUGA: Terungkap, Ini Motif Perusakan SMA Bosa Jogja

Sementara itu, Ketua (PUIPT) Institute for Halal Industry and System UGM Abdul Rohman menyampaikan kegiatan rutin ini juga sebagai tindak lanjut dari beredarnya informasi adanya warung di Jogja yang menjual bakso tidak halal. Menurutnya potensi pencemaran daging babi bisa terjadi di berbagai tempat. Seperti rumah potong, pasar, pengolahan daging, hingga penggilingan daging.

"Sumber pencemaran tidak halal dapat di berbagai tempat sehingga perlu manajemen yang komprehensif termasuk dengan badan POM untuk melindungi semua pihak."

Dia menyampaikan kontaminasi tidak selalu karena kesengajaan penjual. Diperlukan peningkatan pengetahuan kepada para penjual untuk lebih berhati-hati melindungi konsumen.

"Seiring dengan amanat Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UU-JPH) No 33 tahun 2014 terkait dengan kewajiban sertifikasi halal untuk produk makanan, PUIPT IHIS UGM juga akan melakukan edukasi dan sosialisasi tentang sertifikasi halal ini bagi para pengelola kantin dan UMKM di sekitar UGM." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement