Advertisement

KKN PPM Tematik UMBY Sasar Pedagang Pasar Serangan, Berdayakan Digitalisasi Penjualan

Media Digital
Senin, 30 Januari 2023 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
KKN PPM Tematik UMBY Sasar Pedagang Pasar Serangan, Berdayakan Digitalisasi Penjualan Mahasiswa KKN-PPM Tematik XLII Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar cek kesehatan kepada pedagang di Pasar Serangan, Wirobrajan, Kota Jogja, Sabtu (28/1/2023). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Mahasiswa KKN-PPM Tematik XLII Universitas Mercubuana Yogyakarta memberdayakan pedagang di Pasar Serangan, Wirobrajan, Kota Jogja.

Berbagai program pemberdayaan meliputi sosialisasi penggunaan platform penjualan online, pengelolaan sampah, hingga pengecekan kesehatan.

Advertisement

“Tema besar kuliah kerja nyata tematik kali ini adalah pemberdayaan pedagang pasar dan UMKM, mendigitalisasi penjualan sehingga pedagang tidak hanya berjual offline, tapi juga online,” kata dosen pembimbing KKN-PPM UMBY Kelompok-64, Zaenal Wafa, Sabtu (28/1/2023).

Mahasiswa dari berbagai program studi dan keilmuan tersebut membina pedagang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan knowledge“Selama ini kami membangun sinergi baik dengan pedagang dan pengelola pasar. Kami juga membangun komitmen berupa nota kesepahaman dengan Bappeda DIY,” ujarnya.

Ketua KKN Kelompok-64 Haris Abdullah menjelaskan mahasiswa menempelkanan poster dan mengajak pedagang serta masyarakat di skitar Pasar Serangan ikut berpartisipasi.

“Kami dari berbagai macam jurusan dengan tujuan utama memberdayakan pedagang dan UMKM. Kawan kami yang dari Ilmu Komunikasi mengajarkan bagaimana cara memasarkan produk,” ucap Haris.

KKN tematik ini, menurut Haris, menjadi ajang mahasiswa untuk membaca situasi di pasar serta memberikan pemberdayaan yang dibutuhkan guna meningkatkan kesejahteraan melalui digitalisasi dan pemasaran produk.

“Kami berkolaborasi dengan tenaga kesehatan yang merupakan relasi kami untuk melakukan pengecekan tensi dan gula darah, pemasangan tempat. Kami juga sebelumnya melakukan pertemuan dengan pengelola pasar Serangan,” ujar Haris. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Gandeng Densus 88 untuk Cegah Intoleransi di Madrasah

News
| Selasa, 16 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement