Advertisement

Halo Calon Ibu, Begini Tahapan Inisiasi Menyusui Dini

Tri Indah Lestari (ST22), Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 07 April 2023 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Halo Calon Ibu, Begini Tahapan Inisiasi Menyusui Dini Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seorang ibu yang akan melahirkan anaknya penting untuk memahami tahapan inisiasi menyusui dini atau IMD. 

Dilansir dari Antara, berikut ini penjelasan seputar IMD. 

Advertisement

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), IMD diawali dengan meletakkan bayi di atas perut ibunya. Apabila bayi lahir secara caesar, maka letakkanlah di atas dada ibu.

Sebelum itu keringkan bayi terlebih dahulu mulai dari muka, kepala, dan bagian tubuh lainnya kecuali kedua tangannya. Sebab bau cairan amnion pada tangan bayi akan membantunya mencari puting ibu yang mempunyai bau serupa.

Oleh karenanya, dada ibu pun tidak boleh dibersihkan. Selain itu, saat mengeringkan tubuh bayi, biarkan verniks atau lapisan pelindung kulit bayi yang mirip seperti lemak secara apa adanya, sebab verniks dapat berfungsi sebagai penahan panas pada bayi.

Setelah tali pusat dipotong lalu diikat, tengkurapkan bayi di atas perut ibu dengan kepala bayi menghadap ke arah kepala sang ibu. Selimuti ibu dan bayinya serta kenakan topi pada kepala bayi jika ruang bersalin dingin.

Baca juga: Penelitian: Tidur Berkualitas Bisa Cegah Penyakit Kardiovaskular

Setelah 12 hingga 44 menit bayi akan mulai bergerak dengan menendang, menggerakkan kaki, bahu dan lengannya yang membantu uterus untuk berkontraksi.

Meskipun kemampuan melihatnya terbatas, bayi dapat melihat areola mammae yang berwarna lebih gelap pada sekeliling puting payudara dan bergerak menuju ke sana, mengandalkan indera penciuman dan dipandu oleh bau pada kedua tangannya. Bayi akan membentur-benturkan kepalanya ke dada ibu. Stimulasinya menyerupai pijatan pada payudara ibu.

Setelah mencapai puting bayi akan mengangkat kepala, mulai mengulum puting dan menyusu. Proses ini dapat tercapai antara 27 - 71 menit.

Pada saat bayi siap untuk menyusu yang pertama kali akan berlangsung sekitar 15 menit. Setelah selesai bayi tidak ada keinginan menyusu selama dua hingga 2,5 jam berikutnya. Saat menyusu bayi akan mengkoordinasi gerakan menghisap, menelan, dan bernapas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Pendidikan | 1 month ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement