Advertisement

Rekomendasi Perpustakaan di Jogja yang Layak Dicoba

Sirojul Khafid
Selasa, 02 Mei 2023 - 06:27 WIB
Sunartono
Rekomendasi Perpustakaan di Jogja yang Layak Dicoba Ilustrasi Buku - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Melihat buku yang berderet, menghirup aroma kertas baru maupun tua, serta duduk dan tenggelam dalam lautan kata, salah satu jenis wisata yang layak dicoba. Apalagi kalau kamu juga penikmat buku dengan segala rangkaian ibadahnya.

Dahulu, perpustakaan sebagai salah satu rumah buku, terkesan formal dan kaku. Sekarang, dengan segala desain bangunan sampai koleksinya, perpustakaan bisa menjadi tempat yang menyenangkan. Perpustakaan bisa menjadi alternatif wisata yang murah, namun bisa ke banyak ‘negara’ melalui cerita dan informasi di buku-bukunya.

Advertisement

BACA JUGA : Luar Biasa! Baru 3 Bulan Tahun Ini, Pengunjung

Berikut tiga rekomendasi perpustakaan yang ada di DIY.

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) salah satu bangunan yang memiliki arsitektur menarik. Bangunannya membentuk setengah lingkarang dengan dinding penuh kaca. Tidak hanya nyaman untuk membaca, namun juga bisa melihat pemandangan segar di luarnya.

Tidak hanya bisa melihat informasi dari buku, ada pula candi di bagian tengah perpustakaan yang ditemukan dalam proses pembangunan gedung. Perpustakaan yang dibuka untuk umum ini berada di Gedung Moh Hatta, Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang kilometer 14,5 Sleman.

Ada beberapa jenis ruangan, dari ruang buku, tempat duduk sofa, lesehan, sampai bangku-bangku kayu. Ada pula musala, museum, dan area taman. Tidak ketinggalan, ada ruangan untuk seminar di lantai tiga. Fasilitas lift dan AC di setiap ruangan bisa membuat penunjung bisa lebih nyaman.

Jam operasional Perpustakaan UII Senin sampai Jumat mulai 08.00 hingga 21.00 WIB. Sementara untuk Sabtu, jam operasional mulai 08.00 sampai 16.00 WIB. Untuk menjangkau tempat ini, masyarakat perlu menempuh jarak 17 kilometer dari pusat Kota Jogja, atau 41 menit perjalanan menggunakan mobil.

Jogja Library Center

Datang ke Malioboro untuk jalan-jalan di pedestrian atau beli oleh-oleh tentu biasa. Tapi perhatiin enggak kalau ada perpustakaan di jalanan paling terkenal di Jogja ini? Namanya Jogja Library Center. Berada di kawasan cagar budaya, bangunan perpustakaan yang merupakan bekas toko buku Kolf Bunning ini masih cukup terawat dan antik.

BACA JUGA : Jogja Punya Perpustakaan Online E-Library YK

Salah satu koleksi unggulannnya, ada arsip majalah dan surat kabar yang terbit mulai 1945. Banyak arsip yang sudah didigitalisasi, sehingga masyarakat bisa mengakses dengan lebih nyaman dan aman. Ada pula koleksi-koleksi lawas lainnya. Namun pengunjung belum bisa meminjamnya dengan membawa pulang.

Jogja Library Center tepatnya berada di Jalan Malioboro Nomor 170, Jogja, tidak terlalu jauh dari Taman Parkir Abu Bakar Ali atau Teras Malioboro 2. Jam operasional perpustakaan ini Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sementara Jumat dan Sabtu dari pukul 08.00 sampai 14.30 WIB.

Grhatama Pustaka

Grhatama Pustaka merupakan perpustakaan terbesar di DIY, dan salah satu yang besar juga di Indonesia. berada di lahan seluas 2,4 hektar, ada lebih dari 180.000 koleksi buku, majalah, sampai surat kabar.

Tidak hanya ruang buku, ada fasilitas lain berupa halaman yang luas, ruang musik, ruang audio visual untuk pemutaran film, musala, playground, loker, dan lainnya. Ada pula museum diorama tentang sumbu filosofi.

Grhatama Pustaka berada di Jalan Janti Nomor 344 Banguntapan, Bantul. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 6 kilometer atau sekitar 14 menit berkendara dengan mobil. Jam operasional Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Sementara untuk Sabtu sampai Minggu dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement