Advertisement

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, UAJY Siapkan Platform Metaverse

Lugas Subarkah
Sabtu, 20 Mei 2023 - 11:17 WIB
Sunartono
Peringati Hari Kebangkitan Nasional, UAJY Siapkan Platform Metaverse Contoh avatar dalam Platform Metaverse UAJY. - ist Humas UAJY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2023, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyiapkan platform metaverse bagi dosen dan mahasiswa. Hal ini sebagai bentuk pemanfaatan teknologi digital yang semakin berkembang pesat.

Ketua Tim Inovasi Pembelajaran sekaligus Manajer Proyek Metaverse, Brahma Putra Pratama, menjelaskan tujuan platform metaverse ini untuk inovasi pembelajaran digital guna mendukung program pemerintah.

Advertisement

Saat ini, UAJY sedang mengupayakan agar tetap mengikuti perkembangan zaman, yang telah memasuki era 3 dimensi serta artificial intelligence (AI). “Dengan pendekatan metaverse, diharapkan menarik lebih minat atau keinginan mahasiswa dan memotivasi mahasiswa untuk belajar, karena kita tahu biasanya mahasiswa waktu pembelajaran secara konvensional itu semangatnya sedikit menurun,” ujarnya, Sabtu (20/5/2023).

Kelebihan platform metaverse milik UAJY ini adalah lebih interaktif di mana audiens bisa berinteraksi seperti di dunia nyata. “Kalau kita menggunakan VR device, contohnya ketika ada barang, kita bisa angkat barang itu, melihat, bisa melempar barang. Kita juga menulis langsung, jadi tidak perlu ngetik-ngetik,” ungkapnya.

Konsep pembelajaran metaverse yang akan disiapkan oleh UAJY nantinya akan sama seperti pembelajaran online, dengan contoh seperti penggunaan Ms Teams atau Zoom dengan pembedanya adalah membuat hal tersebut dengan tiga dimensi.

“Ada ruangan virtual yang kemudian kita bisa merepresentasikan diri kita melalui avatar. Kalau di Ms Teams kita bisa off cam, tapi di sini walaupun di metaverse kamera dimatikan, kehadiran kita tetap akan terlihat berkat adanya wujud avatar di situ. Akan ada ekspresi yang dapat diamati oleh dosen atau sesama teman,” kata dia.

Konsep yang sudah dikembangkan oleh UAJY dengan ruang virtual yaitu empat gedung UAJY yaitu gedung 1, 2, 3, dan 4. Masing-masing gedung memiliki dua ruangan, ruang diskusi dan ruang kelas. Nantinya setiap dosen akan memanfaatkan ruang tersebut sebagai host atau pemilik, sehingga dapat memanfaatkan ruangan tersebut untuk mengajar.

Ketua Tim Proyek Metaverse sekaligus Wakil Tim Inovasi Pembelajaran, Yohanes Priadi Wibisono, menambahkan platform UAJY ini dapat diakses melalui tiga device, yakni metaverse.uajy.ac.id, aplikasi VR dan VR device.

“Kalau ingin akses pakai browser, bisa diakses melalui metaverse.uajy.ac.id sehingga siapapun bisa akses. Kedua, pakai handphone dengan menggunakan aplikasi VR. Ketiga bisa juga menggunakan VR device. Lewat VR device, kita bisa merasakan environment nyata secara virtual,” ujarnya.

Wakil Rektor I UAJY, Sushardjanti Felasari, berharap agar karya-karya UAJY dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kedepan, diharapkan metaverse UAJY akan terus berkembang seiring dengan infrastruktur dari pemerintah seperti adanya 5G.

“Diharapkan karya-karya UAJY mendapat pengakuan baik di lingkungan akademik maupun masyarakat melalui penelitian, pengajaran, pengabdian, baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa dan menjawab permasalahan masyarakat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement