Advertisement

Peroleh Beasiswa Rp1 Miliar, Bayu Yuska Berkesempatan Kuliah Gratis di Fakultas Kedokteran UAD

Sunartono
Senin, 10 Juli 2023 - 23:27 WIB
Sunartono
Peroleh Beasiswa Rp1 Miliar, Bayu Yuska Berkesempatan Kuliah Gratis di Fakultas Kedokteran UAD Shaldhan Bayu Yuska (tengah) saat menerima beasiswa Rp1 miliar, Senin (10/7 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seorang pelajar yang baru saja lulus dari SMA Muhammadiyah 1 Jogja pada 2023 ini bernama Shaldhan Bayu Yuska memperoleh beasiswa senilai Rp1 miliar dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Bayu berhasil lolos dari seleksi ratusan pelajar lainnya, sehingga ia berhak mengikuti Pendidikan di Fakultas Kedokteran UAD secara gratis hingga lulus.

Beasiswa tersebut diberikan secara simbolis oleh Rektor UAD Muchlas di Graha As-Sakinah SMA Muhi Jogja, Senin (10/7/2023). Penyerahan beasiswa itu dilakukan bersamaan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Fortasi dan Pembekalan Ismuba SMA Muhi Tahun Ajaran 2023-2024.

Advertisement

BACA JUGA : Pemda DIY Salurkan Beasiswa untuk 15.500 Murid SMA

Muchlas menjelaskan terpilihnya Shaldhan Bayu Yuska sebagai peraih beasiswa senilai Rp1 miliar telah melalui proses seleksi yang ketat. Total ada 500 pendaftar beasiswa tersebut yang masuk ke UAD untuk mengajukan. Akan tetapi dengan berbagai pertimbangan dari sisi potensi akademik hingga prestasi siswa kemudian terpilih Bayu Yuska.

“Ananda Bayu ini diterima di Fakultas Kedokteran UAD, karena telah lolos seleksi dengan memperoleh beasiswa, maka selama kuliah di FK dia gratis, tidak dipungut biaya apa pun sampai lulus,” kata Muchlas.

Muchlas merinci beasiswa Rp1 miliar itu terdiri atas sumbangan uang gedung sebesar Rp200 juta, biaya hidup Rp100 juta, SPP-Profesi Kedokteran Rp100 juta, biaya pendidikan Rp400 juta, biaya untuk menunjang prestasi nasuonal hingga internasional Rp50 juta biaya organisasi kemahasiswaan Rp50 juta. “Sehingga kalau ditotal angkanya Rp1 miliar,” katanya.

Di hadapan para siswa baru SMA Muhi, Muchlas mengingatkan agar mereka rajin belajar karena berpotensi untuk mendapatkan beasiswa serupa. Dengan catatan memiliki kemampuan softskill dan hardskill serta berprestasi. “Ini dapat dipersiapkan sejak awal,” ujarnya.

BACA JUGA : Program Beasiswa Sekolah Menengah Terus

Kepala SMA Muhi Jogja Hery Nugroho mengapresiasi UAD yang telah meluncurkan program beasiswa tersebut sehingga dapat memicu semangat pelajar lain untuk berprestasi. Ia memberikan pendampingan intens terhadap siswa yang berpotensi untuk meraih prestasi baik skala nasional maupun internasional.

“Harapan kami penyerahan beasiswa ini bisa memotivasi, dan menginspirasi siswa-siswa lain di sekolah kami. Tentu kami sangat bangga dengan capaian dari ananda Shaldhan Bayu Yuska,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jemaah Haji Dilarang Selundupkan Air Zamzam, Bisa Terkena Sanksi atau Denda

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement