Advertisement

Tips Memilih Kuliah Program Studi Ilmu Komunikasi yang Tepat

Media Digital
Kamis, 27 Juli 2023 - 16:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Memilih Kuliah Program Studi Ilmu Komunikasi yang Tepat Ilustrasi mahasiswa kuliah. - Freepik

Advertisement

JOGJA–Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan populer yang diminati anak muda. Terlebih di masa sekarang, anak muda banyak menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial sehingga ilmu seputar komunikasi banyak diulik.

Di dalam ilmu komunikasi, media sosial menjadi salah satu kajian yang diajarkan. Selain itu ada pula media cetak hingga media penyiaran yang diajarkan kepada mahasiswa.

Advertisement

Saat ini sudah banyak universitas negeri maupun swasta yang menghadirkan jurusan Ilmu Komunikasi. Namun sebagai generasi muda yang unggul dan berpendidikan, sebaiknya jangan asal pilih kampus.

Perhatikan tiga hal penting berikut ini untuk memilih kampus, yakni aspek kualitas, fasilitas dan biaya:

- Kualitas

Kualitas kampus tercermin dari akreditasinya. Semakin tinggi akreditasi, kualitasnya semakin baik. Untuk itu pilihlah jurusan Ilmu Komunikasi yang terakreditasi Unggul.

Baca juga: Mahasiswa Merapat! Kampus Ini Punya Segudang Beasiswa Fully Funded 4 Tahun loh

Di Jogja, salah satu universitas swasta yang memiliki Program Studi Ilmu Komunikasi Akreditasi Unggul adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Kampus ini beralamat di Jalan Babarsari, Depok, Sleman.

Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY memiliki dua konsentrasi studi, yakni Komunikasi Strategis serta Komunikasi Massa dan Digital. Ilmu Komunikasi UAJY mengantongi Akreditasi Unggul dari BAN-PT pada 2023 silam.

- Fasilitas

Fasilitas kampus di jurusan Ilmu Komunikasi harus lengkap karena selain keilmuan yang diperoleh dari belajar di dalam kelas, jurusan ini juga memadukan keterampilan, keahlian, serta professional yang diperoleh dari praktik.

Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan fasilitas penunjang seperti laboratorium. Seperti yang sudah ada di UAJY, ada laboratorium audio visual untuk studio serbaguna, editing video analog, editing video digital, editing audio, studio Atma Jaya Radio (AJR) dan fotografi, FIAT Televisi. Ada pula laboratorium komputer, laboratorium komunikasi terapan hingga ruang kelas multimedia.

- Biaya

Setelah memilih kampus dari sisi akreditasi dan fasilitasnya, kamu juga harus memperhatikan biaya kuliah. Pilihlah kampus yang menawarkan biaya kuliah yang sebanding dengan fasilitas yang diperoleh.

Berdasarkan informasi di laman Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UAJY, estimasi biaya selama kuliah di prodi Ilmu Komunikasi UAJY sebesar Rp96 juta. Adapun rinciannya sebagai berikut:

- SPP tetap (per semester): Rp4.000.000 x 8 semester
- SPP variabel (per SKS): Rp250.000 x SKS minimal 144
- Sumbangan pengembangan universitas: Rp23.500.000
- Kemahasiswaan: Rp3.000.000
- Uang buku: Rp1.500.000

Nah, itulah tips memilih Program Studi Ilmu Komunikasi yang tepat sebelum kamu memutuskan untuk kuliah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Badai Diprediksi Terpa Sejumlah Wilayah di Indonesia Hari Ini

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement