Advertisement

Kampung Dongeng Indonesia Gelar Atraksi Dongeng Nusantara

Media Digital
Kamis, 10 Agustus 2023 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kampung Dongeng Indonesia Gelar Atraksi Dongeng Nusantara Kampung Dongeng Indonesia menghimpun para pendongeng dan penggerak literasi di Indonesia menggelar Atraksi Dongeng Nusantara (ADN). - Ist

Advertisement

JOGJA—Kesadaran akan pentingnya literasi dan budaya merupakan gerbang utama dalam mewujudkan masyarakat yang beradab dan berkualitas. Kampung Dongeng Indonesia, sebagai komunitas dongeng terbesar yang menghimpun para pendongeng dan penggerak literasi di Indonesia menggelar Atraksi Dongeng Nusantara (ADN) dengan tema Satu Nusa Beragam Cerita.

Perhelatan akbar yang dimulai tanggal 4 sampai 6 Agustus 2023 di The Allabun Resto and Glamping Yogyakarta tersebut, dihadiri oleh lebih dari 200 pendongeng dan puluhan komunitas penggerak literasi dari berbagai penjuru nusantara untuk merumuskan strategi dan langkah konkret dalam upaya meningkatkan kesadaran literasi dan berbudaya di masyarakat.

Advertisement

Founder Kampung Dongeng Indonesia, Kak Awam Prakoso menyampaikan sebagai Pemandu Wisata Imajinasi Anak, para pendongeng memiliki peran signifikan dalam upaya mengembangkan kesadaran akan pentingnya literasi dan budaya. “Melalui program-program literasi dan budaya berkelanjutan, juga beragam atraksi yang ditampilkan, Kampung Dongeng berharap, masyarakat Indonesia terutama anak-anak, dapat lebih menghargai keunikan dan keberagaman budaya di nusantara,” imbuhnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (10/8/2023). 

Atraksi budaya dan cerita rakyat nusantara yang turut dihadiri oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan lebih dari 500 anak itu menampilkan beragam atraksi yang dikemas dalam sebuah pementasan spektakuler yang disutradarai langsung oleh Director Muda berbakat, Muhammad Miqdad dari rumah produksi Stodios Pictures.

Baca juga: Banyak Warga Membakar Sampah, DLHK DIY Cemaskan Kualitas Udara

Beragam atraksi yang ditampilkan antara lain pertunjukan Wayang Pak Bagong (Yogyakarta), Nandong Smong (Aceh), Tung Tung Gasing (Jambi), Atraksi Dol (Bengkulu), Serambe Andai-Andai (Sumatera Selatan), Operet Pesut Mahakam (Kalimantan Timur), Cerita Rakyat (Lampung), Sendakala Mawa Dadung (Jawa Barat), Lenong Betawi (Jakarta), Joko Budug dan Putri Kemuning (Ngawi), Limbuk lan Cangek (Jawa Timur), Pantomim (Bojonegoro), Beatbox (Banten), Petualangan Doraemon dan Pintu Ajaib (Bali dan Madura), juga pertunjukan sulap suara, tarian, permainan, juga lagu dan alat musik tradisional dari Nusantara yang disukai anak-anak.

Atraksi Dongeng Nusantara yang turut didukung oleh British Propolis, Cessa, Belgie Pro, CEDEA Seafood, Pelangi Mizan, Purnama, Gisi, Kapal Api, Media Partner HaiBunda, MQ FM dan Harian Jogja tersebut merupakan rangkaian Musyawarah Nasional Ke-2 yang diselenggarakan oleh Kampung Dongeng Indonesia sebagai wujud pengabdian dan upaya konkrit dalam memajukan literasi dan budaya di nusantara.

Abdul Wahab atau yang sering disapa Kak Awe, selaku ketua pelaksana Atraksi Dongeng Nusantara dan ketua Kampung Dongeng Yogyakarta mengajak seluruh masyarakat terutama yang tinggal dan sedang berlibur di Yogyakarta untuk menghadiri dan menikmati keseruan di acara puncak Atraksi Dongeng Nusantara pada Minggu, 06 Agustus 2023 mulai pukul 08.00 WIB. “Selain atraksi dan penampilan yang sudah pasti seru, kita juga menghadirkan booth-booth pameran literasi dan budaya untuk menunjukkan betapa unik dan melimpahnya kearifan lokal nusantara yang begitu beragam," kata dia. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Akan Deklarasikan Bali sebagai Pulau Lengkap

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement