Advertisement

11 Perpustakaan Sekolah di Kota Jogja Jalani Akreditasi

Alfi Annissa Karin
Jum'at, 03 November 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
11 Perpustakaan Sekolah di Kota Jogja Jalani Akreditasi Proses penilaian salah satu perpustakaan sekolah di Kota Jogja oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 11 perpustakaan sekolah jenjang SD dan SMP di Kota Jogja akan dinilai untuk mendapatkan akreditasi A Beberapa di antaranya adalah SDN Kotagede 3, SD Muhammadiyah Gendeng, SD Muhammadiyah Pakel, SD Muhammadiyah Ngupasan, dan beberapa SD lainnya. Ada juga SMPN 4 Jogja, SMP Muhammadiyah 4 Jogja, SMPN 13, MTs Muhammadiyah Karangkajen, dan lain-lain.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Jogja Afi Rosdiana menyebut proses penilaian akreditasi dimulai dengan pengiriman dokumen secara online. Dokumen dikirim melalui aplikasi pengajuan akreditasi pada bulan Agustus 2023. Dilanjutkan dengan visitasi lapangan oleh asesor pada tanggal 1-3 November 2023.

Advertisement

BACA JUGA : Perkuat Literasi, Perpustakaan Jogja Gelar Lomba Anak Bertutur

Afi mengatakan untuk mendapat akreditasi A, perpustakaan sekolah wajib memenuhi sejumlah persyaratan. Misalnya penailain terkait koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan, hingga SDM. Ada juga penilaian terkait inovasi dan kreativitas, tingkat kegemaran membaca, serta indeks pembangunan literasi masyarakat.

"Instrumen penilaian didasarkan pada Standar Nasional Perpustakaan SD/MI dan Standar Nasional Perpustakaan SMP/MTs yang ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional," ujarnya melalui pesan singkat, Kamis (2/11/2023).

Afi menyebut, sejatinya ada 16 sekolah yang diajukan untuk dapat menerima akreditasi A tahun ini. Namun, dia menilai hanya 11 sekolah yang siap. Sisanya, masih perlu ditingkatkan dalam hal kesiapan SDM dan sarana prasarana. Dia menambahkan, akreditasi perpustakaan sekolah telah dilaksanakan sejak 2011. Total, telah ada 67 perpustakaan sekolah yang terkareditasi.

BACA JUGA : Rekomendasi Perpustakaan di Jogja yang Layak Dicoba

"Tahun 2024 target paling tidak 10 sampai 15 perpustakaan sekolah yang didorong untuk akreditasi," katanya.

Kepala SDN Kotagede 3 Rumgayatri menyebut pihaknya telah melakukan persiapan yang matang. Dia juga berupaya melakukan penataan ruangan perpustakaan. Sarana dan prasarana perpustakaan juga turut dilengkapi.

"Anak-anak suka membaca di perpustakaan, terutama di pojok baca gazebo. Buku yang paling diminati adalah buku cerita bergambar dan sains," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement