Advertisement

Masuk 5 Besar Universitas Terbaik di Jogja Versi UniRank 2024, Ini Respons Rektor UAA

Sunartono
Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:27 WIB
Sunartono
Masuk 5 Besar Universitas Terbaik di Jogja Versi UniRank 2024, Ini Respons Rektor UAA Rektor UAA Profesor Hamam Hadi. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lembaga pemeringkatan universitas terbaik, UniRank merilis nama-nama kampus terbaik di Februari 2024. Salah satu kampus swasta yang masuk lima besar terbaik di Jogja adalah Universitas Alma Ata (UAA) Jogja.

UAA mampu bertengger di urutan kelima mengalahkan sejumlah kampus berusia tua di Jogja. Kampus ini juga menjadi peringkat pertama di lingkungan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) di Indonesia.

Advertisement

Rektor UAA Profesor Hamam Hadi mengatakan penilaian yang dilakukan Uni Rank tersebut sangat independen dan kampus tidak bisa melakukan pengaruh apa pun. UAA berada di peringkat ke-5 kategori PTN dan PTS di Jogja dan urutan ke-35 dari total 596 universitas negeri dan swasta di Indonesia.

BACA JUGA : Terbaru! Ini 10 Universitas Terbaik di Jogja Versi UniRank 2024

Lembaga pemeringkatan independen asal Australia itu dinilai telah memiliki sejumlah indikator untuk menetapkan peringkat setiap universitas. “Ini penilaian sangat independen, tidak dipengaruhi oleh apa pun dan siapa pun, dan kami juga tidak bisa mempengaruhi,” kata Hamam Jumat (23/2/2024).

Ia menambahkan berdasarkan website UniRank telah dinyatakan bahwa pemeringkatan itu menunjukkan seberapa baik kinerja institusi khususnya nonakademik. Indikator yang digunakan seperti web matrik yang valid, tidak memihak dan tidak dapat dipengaruhi.

Ada beberapa syarat universitas yang dinilai, seperti terakreditasi, memiliki gelar sarjana 3 tahun, gelar master atau doktoral dan kuliahnya non-jarak jauh. “Jadi data yang digunakan untuk menilai ini bukan hanya yang dikirimkan oleh universitas tetapi dari sumber intelijen web independen,” ujarnya.

Penilaian itu sejalan dengan upaya kampusnya dalam mengupayakan peningkatan kualitas. Mulai dari peningkatan produktivitas hasil penelitian dan karya tulis di jurnal baik skala nasional maupun internasional. Selain itu peningkatan kerja sama dengan universitas luar negeri seperti Thailand, Malaysia hingga Amerika Serikat turut memberikan kontribusi terhadap peningkatan penilaian.

BACA JUGA : Daftar Universitas Terbaik di Asia, Ada Indonesia Loh

Sebelumnya sebuah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi merilis data terbaru pemeringkatan di Februari 2024. Adapun khusus Jogja 5 besar kampus terbaik versi UniRank antara lin UGM, UNY, UII, UM dan Universitas Alma Ata.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Jogja versi UniRank:

1. Universitas Gadjah Mada (secara nasional peringkat 2)
2. Universitas Negeri Yogyakarta (secara nasional peringkat 25)
3. Universitas Islam Indonesia (secara nasional peringkat 26)
4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (secara nasional peringkat 33)
5. Universitas Alma Ata (secara nasional peringkat 35)
6. UIN Sunan Kalijaga (secara nasional peringkat 42)
7. Universitas Ahmad Dahlan (secara nasional peringkat 46)
8. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (secara nasional peringkat 61)
9. Universitas Sanata Dharma (secara nasional peringkat 89)
10. UPN Veteran Yogyakarta (secara nasional peringkat 92)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement