Advertisement

Kunjungi Harian Jogja, Puluhan Mahasiswa Fisip UAJY Belajar Perkembangan Jurnalisme di Era Disrupsi

Media Digital
Rabu, 05 Juni 2024 - 17:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kunjungi Harian Jogja, Puluhan Mahasiswa Fisip UAJY Belajar Perkembangan Jurnalisme di Era Disrupsi Puluhan mahasiswa FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) khususnya mata Kuliah Penulisan Naskah Jurnalistik berkunjung ke kantor Harian Jogja, Rabu (5/6 - 2024). Har

Advertisement

JOGJA–Puluhan mahasiswa FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) khususnya mata Kuliah Penulisan Naskah Jurnalistik berkunjung ke kantor Harian Jogja, Rabu (5/6/2024). Kunjungan ini merupakan sarana belajar langsung mahasiswa dengan media lokal di Jogja.

Dosen Pengampu Mata Kuliah, Olivia Lewi Pramesti menyatakan bahwa mahasiswa perlu memahami langsung kehidupan media lokal di era disrupsi. Tak hanya itu, mahasiswa bisa melihat langsung kantor redaksi dan melihat langsung kerja redaksional.

Advertisement

BACA JUGA: Belajar Jurnalistik, 60 Mahasiswa FISIP UAJY Kunjungi Harian Jogja

Olivia Lewi menambahkan Harian Jogja dipilih karena merupakan bagian dari program Jalin (Jaringan Kemitraan Mata Kuliah) Departemen Ilmu Komunikasi UAJY. Tak sekadar itu, Harian Jogja dinilai merupakan media yang mampu bertahan di tengah perkembangan teknologi informasi meskipun terjadi penurunan oplah media cetak.

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo menjelaskan proses produksi berita kepada puluhan mahasiswa FISIP UAJY di kantor Harian Jogja, Rabu (5/6/2024).

"Kami berharap kunjungan ini bisa memberi pemahaman kepada mahasiswa untuk menyesuaikan apa yang dipelajari di kelas dengan kondisi di lapangan. Terutama, perkembangan media massa di tengah distrusi digital," katanya.

Menurut Lewi, para mahasiswa sangat antusias dengan kunjungan ke Harian Jogja. Pasalnya, banyak informasi baru terkait perkembangan media yang mereka terima. "Ini tentu menjadi pengalaman baru bagi para mahasiswa. Bisa melihat langsung proses produksi berita cetak dan online. Tidak hanya itu, mereka juga bisa praktik siaran di Radio Star Jogja," katanya.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut, Bernard mengatakan kunjungan ke Harian Jogja bisa membuka wawasan bagaimana gambaran dan persoalan yang dihadapi media cetak termasuk untuk mengetahui gambaran soal kerja media lokal.

"Kunjungan ini buat saya menambah pengetahuan baru mengenai dunia produksi produk jurnalistik. Mulai dari perubahan Harian Jogja yang awalnya memproduksi media cetak berubah menuju media digital. Ini jadi gambaran kami kerja ke depannya," katanya.

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo mendampingi puluhan mahasiswa FISIP UAJY mengunjungi Radio Star Jogja salah satu Group Harian Jogja, Rabu (5/6/2024).

Kunjungan puluhan mahasiswa FISIP UAJY tersebut diterima langsung oleh Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo. Ia bercerita tentang perjalanan Harian Jogja sejak pertama kali terbit pada 20 Mei 2008 hingga perkembangan terkini.

Perkembangan teknologi informasi, katanya, berdampak pada perubahan praktek jurnalistik. Kerja media pun harus berubah dari konvensional (cetak) ke kerja-kerja digital. Seperti melakukan inovasi dan memproduksi konten sesuai kebutuhan pembaca.

"Harian Jogja terus berinovasi. Dari awalnya sebagai media cetak merambah ke media online, radio, live streaming," katanya.

Tidak hanya itu, Harian Jogja juga memiliki kanal media sosial seperti Facebook, Twitter (X), Instagram, TikTok, YouTube untuk mempercepat penyampaian informasi dengan gaya kekinian sesuai dengan perkembangan zaman.

"Semua perubahan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pembaca," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement