Advertisement

FH UAJY Buka Program S1 Hukum Internasional

Media Digital
Sabtu, 22 Juni 2024 - 07:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
FH UAJY Buka Program S1 Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY) membuka program strata 1 (S1) Program Internasional atau International Undergraduate Program mulai tahun ini. Istimewa

Advertisement

JOGJA—Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY) membuka program strata 1 (S1) Program Internasional atau International Undergraduate Program mulai tahun ini.

Pembukaan prodi baru ini telah dipersiapkan selama beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, pihak fakultas juga sudah melakukan benchmarking maupun studi banding ke sejumlah kampus, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Advertisement

Sebagai upaya mempersiapkan pengajar dan staf hingga mahasiswa, Fakultas Hukum UAJY telah membuka beberapa kelas dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tak hanya itu, kampus ini juga beberapa kali mengundang dosen dari luar negeri untuk memberikan cara pandang lebih global sesuai dengan ketentuan dunia terkini.

Program Internasional ini dibuka pada semester genap tahun 2024/2025 untuk S1 dan dimulai per September 2024. Syarat penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk Program Internasional masih sama dengan kriteria prodi lain, tetapi untuk IELTS minimal di angka 7 atau TOEFL 450. Pasalnya, mahasiswa memerlukan dasar penguasaan bahasa yang baik agar dapat memahami literasi dengan bahasa asing, dapat melakukan komparasi hingga kristis menganalisa isu-isu internasional.

Pada semester keenam, mahasiswa akan diminta untuk memilih konsentrasi, yakni Hukum Ekonomi dan Bisnis atau Hukum Hubungan Internasional. Guna semakin menguatkan keterampilan mahasiswa, prodi ini juga membuka sejumlah program unggulan seperti Students Exchange, Double Degree, International Internship, Lecturer Exchange, hingga Short Term Academic Program.

FH UAJY juga berupaya menggandeng sejumlah universitas di kawasan Asia Tenggara, bahkan lebih luas. Terbaru, FH UAJY telah bekerja sama dengan Pazmany Peter Catholic University, Hungaria dan Afyon Kocatepe University, Turki. Sebagai upaya menunjang prodi S1 ini, telah dipersiapkan modul untuk Program Internasional, dengan dibantu oleh Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya (KPBB), baik untuk dosen hingga tenaga kependidikan untuk urusan administrasi seperti surat menyurat.

FH UAJY saat ini tengah mempersiapkan jenjang S2 Hukum Internasional. Prodi ini merupakan wujud berkomitmen FH UAJY untuk melahirkan lulusan dengan kompetensi yang lebih beragam tetapi sesuai dengan kebutuhan masyarakat terkini. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Grace Natalie Bantah Isu Jokowi Sodorkan Kaesang di Pilkada

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement