Advertisement

Menarik Dikunjungi, 3 Museum Kampus Perguruan Tinggi di Jogja

Sirojul Khafid
Senin, 14 Oktober 2024 - 07:37 WIB
Sunartono
Menarik Dikunjungi, 3 Museum Kampus Perguruan Tinggi di Jogja Museum UGM. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pernahkah saat jeda kuliah kamu mampir ke museum? Beberapa kampus di Jogja memiliki kampus yang menyimpan informasi dan barang yang menarik.

Tidak harus meluangkan waktu khusus, berkunjung ke museum bisa di waktu-waktu ‘antara’. Bagi kamu yang kuliah di beberapa kampus Jogja, tersebar museum yang lokasinya di dalam kampus.

Advertisement

Misalnya kampus UGM, UNY, dan UII, masing-masing punya museumnya tersendiri. Sehingga ‘antara’ satu kuliah dengan kuliah lainnya yang kadang terdapat jeda cukup panjang, bisa digunakan untuk menikmati nuansa benda-benda lama. Umumnya museum kampus berisi sejarah lahirnya tempat belajar ribuan bahkan jutaan orang tersebut. Sehingga dengan berkunjung ke museum kampus, bisa semakin mengerti jati diri tempat belajarnya masing-masing.

Berikut tiga museum yang berada di dalam kampus.

Museum UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) salah satu kampus tua di Indonesia. Perjalanannya yang panjang, dari masa awal lahir hingga hari ini terangkum dalam Museum UGM. Lokasinya di dalam kampus, tidak jauh dari Grha Sabha Pramana.

Pendirian Museum UGM menjadi wadah masyarakat, termasuk mahasiswa-mahasiswi untuk lebih mengenal berdirinya kampus ini. Koleksi museum terbagi dalam beberapa fase, yaitu Di Tengah Perjuangan (1946-1949), Meletakkan Dasar Pendidikan (1949-1960), Membangun Peradaban Bangsa (1961-1982), Menjadi Universitas Dunia (1982-2002), Menjunjung Martabat Bangsa (2002-2017), dan Hidup Di Bulaksumur.

Barang koleksi misalnya seperti manuskrip kuno, di antaranya kertas berisi Himne UGM. Terdapat juga koleksi terkini seperti inovasi mobil formula, roket, hingga tungku hemat energi. Di Museum UGM juga tersedia karya para alumni, termasuk buku.

Museum UGM berada di Kampus Universitas Gadjah Mada, Blk. D, Jl. Sagan 6 & D-7, Sagan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Dari pusat Kota Jogja menuju tempat ini sekitar 2,7 kilometer atau 7 menit berkendara dengan mobil. Museum UGM buka dari Senin hingga Jumat, dari pukul 09.00 sampai 15.00 WIB.

Museum UNY

Museum Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bernama Museum Pendidikan Indonesia (MPI). Ini merupakan museum pendidikan pertama di Indonesia. Terdapat lebih dari 493 koleksi benda yang berhubungan dengan pendidikan. Beberapanya seperti buku-buku sekolah, arsip kependidikan, media pembelajaran, bukti sejarah perkembangan pendidikan, dan lainnya.

MPI UNY lahir pada 8 Juli 2008. Tujuan utamanya untuk menyimpan dan mempresentasikan sejarah pendidikan di Indonesia. Inisiatornya Sugeng Mardiono (Rektor UNY saat itu) dan Sardiman (Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNY saat itu). Mereka resah akan minimnya rekaman sejarah pendidikan di Indonesia. Padahal pendidikan menjadi salah satu aspek penting bangsa.

Gedung MPI UNY merupakan bekas gedung rektorat. MPI UNY berada di Kampus Pusat UNY, Jalan Colombo Nomor 1, Caturtunggal, Depok, Sleman. Dari pusat Kota Jogja menuju tempat ini sekitar 3,6 kilometer atau 9 menit berkendara dengan mobil. Jam operasionalnya mulai dari 08.00 hingga 15.30 WIB.

Museum UII

Berkunjung ke Museum Universitas Islam Indonesia (UII), masyarakat akan mendapatkan bonus melihat Candi Kimpulan. Lokasi Museum UII berada di Perpustakaan Pusat UII. Di bagian tengah gedung melengkung itu, terdapat candi yang ditemukan selama proses pembangunan perpustakaan.

Museum UII menyimpan informasi dan benda-benda yang berkaitan dengan lahirnya salah satu kampus tertua di Indonesia ini. Museum UII terdiri dari tiga bagian inti. Ada sisi yang berisi barang kuno berupa peralatan kantor, benda-benda bersejarah yang berasal dari rumah rektor pertama UII (KH Abdul Kahar Muzakkir), serta visual sejarah perjalanan kampus UII.

Mulanya, UII bernama Sekolah TInggi Islam (STI). STI dirintis dari pesantren-pesantren yang metodenya masih tradisional. Moh. Hatta merupakan Wakil Presiden Pertama RI (1945-1956) sekaligus Ketua Panitia Pendirian Sekolah Tinggi Islam (STI).

Museum ini berada di Kampus Pusat UII yang beralamat di Jalan Kaliurang Kilometer 14, Lodadi, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman. Dari pusat Kota Jogja menuju tempat ini sekitar 14,2 kilometer atau 29 menit berkendara dengan mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti Lebih Dahulu Teken Pakta Integritas Sebelum Diminta Jadi Menteri Dikdasmen

News
| Senin, 14 Oktober 2024, 21:02 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement