Advertisement

Perpustakaan Sekolah Kini Jadi Ruang Santai dan Menyenangkan Bagi Siswa

Sirojul Khafid
Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:17 WIB
Sunartono
Perpustakaan Sekolah Kini Jadi Ruang Santai dan Menyenangkan Bagi Siswa Foto ilustrasi pelajar saat mengunjungi perpustakaan sekolah. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perpustakaan sekolah memiliki ruang penting untuk para murid. Mereka bisa mengeksplorasi minat dan bakat di luar pelajaran sekolahnya.

Ada suatu masa, perpustakaan sekolah menjadi tempat ternyaman untuk tidur. Sudahlah gelap, suasananya juga sepi. Kala itu, jarang murid yang berminat ke perpustakaan sekolah.

Advertisement

Alasannya beragam, bisa dari bentuk perpustakaan sekolah yang kesannya sangat formal, hanya berisi buku pelajaran. Sampai nuansa kaku, saat murid tidak bisa berekspresi banyak di dalamnya.

Namun kini perpustakaan sekolah semakin bertransformasi, lebih santai dan menyenangkan. Masih dalam rangka memperingati Hari Perpustakaan Internasional yang jatuh setiap 18 Oktober, mari kita kunjungi beberapa perpustakaan di sekolah DIY.

MAN 3 Bantul

Perpustakaan Ulil Albab Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul menjadi juara satu Lomba Perpustakaan Sekolah se-DIY 2024. Ruang edukasi ini memaksimalkan akses digital dan juga fisik. Ada aplikasi berisi koleksi digital hingga Jaringan Perpustakaan Digital (perpustakaan berjejaring dengan perpustakaan lain secara digital).

Secara fisik, tersedia Ruang Belajar Kolaboratif. Terdapat Co-working Space, ruang belajar kelompok yang nyaman untuk berbagai aktivitas kelompok. Tempat ini ramah anak serta orang berkebutuhan khusus.

Tidak hanya untuk membaca buku dan belajar, Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul sering menjadi tempat untuk berbagai acara sekolah. MAN 3 Bantul beralamat di Jalan Imogiri Timur Kilometer 10, Ketongo, Wonokromo, Pleret, Bantul. Dari pusat Kota Jogja, jarak ke tempat ini sekitar 11,1 kilometer atau 28 menit berkendara dengan mobil.

MAN 2 Jogja

Perpustakaan MAN 2 Jogja menjadi juara satu Lomba Perpustakaan Sekolah se-DIY 2023. Fasilitas selain meja dan kursi umum, tersedia juga co-working space. Ruang-ruang yang tersedia sering menjadi pusat kegiatan para warga sekolah.

Beberapa kegiatannya seperti pembelajaran, diskusi, webinar, live instagram, talkshow inspiratif, pembimbingan penulisan, serta kegiatan berbasis proyek. Layanan perpustakaan menjangkau pengguna berkebutuhan khusus, mulai dari akses, toilet difabel, serta alat bantu membaca untuk low vision.

MAN 2 Jogja berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 130, Ngampilan, Kota Jogja. Dari pusat Kota Jogja, jarak ke tempat ini sekitar 1,8 kilometer atau 8 menit berkendara dengan mobil.

SMAN 1 Sedayu

Perpustakaan Loka Ghana Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sedayu menjadi juara satu Lomba Perpustakaan Sekolah se-DIY 2021. Perpustakaan ini menyediakan berbagai layanan mulai dari baca buku di tempat, sirkulasi, referensi, bercerita, anak, sepeda dan mobil pustaka keliling, serta oase baca.

Perpustakaan Loka Ghana berisi berbagai fasilitas seperti ruang baca indoor dan outdoor, koleksi cetak dan non-cetak, ruang mini teater, ruang radio dan broadcast, ruang komputer, hingga panggung ekspresi.

Perpustakaan ini memiliki koleksi buku sebanyak 11.425 Judul , e-book sebanyak 10.084 judul , koleksi khusus sebanyak 734 judul, referensi 694 Judul, arsip digital, dan audio book. SMAN 1 Sedayu berlokasi di Jalan Kemusuk Kilometer 1, Panggang, Karanglo, Argomulyo, Sedayu, Bantul. Dari pusat Kota Jogja, jarak ke tempat ini sekitar 12,5 kilometer atau 30 menit berkendara dengan mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Minta Kenaikan UMP 2025, Buruh Bakal Gelar Demo di Istana Besok

News
| Rabu, 23 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement