Advertisement

Pramuka UIN Sunan Kalijaga Kirim Kontingen PWN PTK di Gorontalo

Lugas Subarkah
Jum'at, 19 Mei 2023 - 20:27 WIB
Sunartono
Pramuka UIN Sunan Kalijaga Kirim Kontingen PWN PTK di Gorontalo Kontingen Pramuka UIN Sunan Kalijaga mengikuti upacara pelepasan untuk PWN PTK XVI 2023, Jumat (19/5/2023). - ist Humas UIN Sunan Kalijaga

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kontingen Racana Sunan Kalijaga dan Racana Nyi Ageng Serang Pramuka UIN Suka yang akan mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) XVI Tahun 2023. Upacara pelepasan berlangsung di UIN Sunan Kalijaga, Jumat (19/5/2023).

Pembina Gugus Depan 18.009 Khoirul Anwar menjelaskan PWN PTK XVI Tahun 2023 merupakan kegiatan yang ditujukan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang tergabung dalam Gugus depan di Kampus Perguruan Tinggi Keagamaan. “Acara ini akan berlangsung dari tanggal 21 hingga 27 Mei 2023 di Bumi Perkemahan IAIN Sultan Amai Gorontalo,” katanya.

Advertisement

BACA JUGA : Kegiatan Pramuka di Jogja Segera Tatap Muka

Kegiatan PWN PTK tahun ini mengangkat tema ‘Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama’, dengan sub tema Peran Pramuka dalam Penguatan Moderasi Beragama untuk Mencapai Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Dengan bentuk kegiatan pada PWN PTK XVI Tahun 2023 terbagi menjadi kegiatan umum, kegiatan bakti fisik, bakti non fisik, pengembangan wawasan dan keterampilan serta malam pentas seni budaya nusantara,” ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk menguatkan semangat nasionalisme, patriotisme, dan solidaritas antar sesama dalam bingkai NKRI dengan mengedepankan semangat moderasi beragama.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Al Makin, mendukung kegiatan PWN PTK XVI dan berpesan agar kontingen selama kegiatan perkemahan bisa menjadi duta moderasi kehidupan beragama, menghormati semua kontingen yang berbeda-beda, dan menjunjung tinggi sportivitas.

“Partisipasi dalam PWN merupakan kesempatan yang berharga bagi Mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri, memperluas pengetahuan, dan mempererat silaturahmi dengan berbagai perguruan tinggi,” kata dia.

BACA JUGA : Sebelum Dikukuhkan, Pramuka Siaga & Penggalang Harus

Selain itu, melalui kegiatan bakti kemasyarakatan, para peserta dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pembangunan masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai ajang untuk mempererat kerja sama antar perguruan tinggi keagamaan dan memperluas cakrawala pengetahuan mahasiswa

"Kami berharap para peserta dapat mengambil manfaat maksimal dari PWN PTK XVI ini, baik dalam hal pengembangan kepemimpinan, penguatan nilai-nilai keagamaan, maupun pengabdian kepada masyarakat," ujarnya.

Adapun peserta putra dari UKM Pramuka Racana Sunan Kalijaga yang akan mengikuti PWN PTK XVI 2023 antara lain Alif Rahman Mahfuz, Muhammad Fajrul Falah, Khazainullah Hasruddin, Frengky Septiyan, dan Parikesit Prasty Suyudy. Sementara itu, peserta putri dari UKM Pramuka Racana Nyi Ageng Serang adalah Clara Aura Nissa, Adinda Haniatul Maghfiroh, Ratna Nurul Fijri, Sania Arini Hidayah, dan Sabiela Aulia Husna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng Meninggal Dunia, Erick Thohir: Sosok yang Berjasa Besar untuk Indonesia

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement