Advertisement

Wisuda Siswa SD NU Sleman Diwarnai Isak Tangis Haru

Nugroho Nurcahyo
Sabtu, 17 Juni 2023 - 18:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Wisuda Siswa SD NU Sleman Diwarnai Isak Tangis Haru Para wisudawan mengucap Ikrar Alumni SD NU yang dipimpin Galen Ahdan Wardhana dalam acara Akhirussanah Siswa Kelas VI Angkatan IX SD NU Sleman, Yogyakarta. - Harian Jogja/Nugroho Nurcahyo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— SD Nahdlatul Ulama (SDNU) Sleman Yogyakarta mewisuda sebanyak 65 siswa dan 47 santri dalam Haflah Khotmil Qur'an Juz 30 bil Hifdzi dan Akhirussanah Siswa Kelas VI Angkatan IX, Sabtu (17/06/2023).

Mengangkat tema Membumikan Al-Qur'an untuk Membangun Generasi Islam yang Rahmatan Alamin, acara yang digelar di Graha Rocket Chicken, Sidomoyo, Godean, Sleman, tersebut berlangsung khidmat, dan diwarnai tangis haru para siswa, para wali siswa, dan para guru.

Advertisement

“Acara wisuda ini adalah bentuk ikrar kami, pihak sekolah, mengembalikan putra-putri bapak-ibu yang selama enam tahun terakhir kami dampingi. Semoga nantinya para siswa bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan  yang lebih baik,” kata Kepala SD NU Isnaeni Marzuki.

Marzuki berpesan kepada para wisudawan yang telah lulus dari SDNU agar tidak melupakan SDNU sebagai bagian dari akar yang ditancapkan dalam perjalanan kehidupan.  “Aja pedhot oyote, jangan sampai tercerabut dari akarmu,” ujar Marzuki kepada siswa yang diwisuda.

Ia memberi perumpamaan bahwa keluarga adalah batang induk dalam akar tunggang perjalanan kehidupan, dan sekolah merupakan cabang akarnya. Keduanya saling melengkapi dalam perjalanan hidup dan tumbuh kembang seorang anak.

Pada wisuda Angkatan ke-IX SDNU tahun ini, Alia Nihayatus Shofa, menjadi siswa peraih skor asesmen standarisasi pendidikan daerah (ASDP) tertinggi dengan nilai 268,93, disusul Soca Wijang Nareswari (268,93), dan Affan Farhat Firdaus (264,88).

Selain mewisuda siswa yang telah lulus kelas VI, SDNU Sleman juga mewisuda santri sekolah tersebut yang telah lulus munaqosyah atau  ujian akhir siswa dalam pembelajaran dan hafalan Al Qur'an. Wakil Katib Syuriyah PWNU DIY, KH Edy Mushoffa, secara simbolis menyerahkan langsung ijazah kelulusan Haflah Khotmil Qur’an Juz 30 bil Hifdzi kepada 47 santri.

Dalam acara wisuda Haflah Khotmil Qur’an Juz 30 bil Hifdzi itu, diberikan lima penghargaan kepada santri.  Takami Janitra Hanania (1C) menjadi Peserta Munaqosyah Termuda; Hania Syafira Triwulandari (3A) sebagai santri dengan Hafalan Terbanyak Kelas Bawah;  Soca Wijang Nareswari (6B), santri dengan Hafalan Terbanyak Kelas Atas;  Abinaya Gusdur Syaddad Alfansuri, 3A, (Hafalan Terbaik & Tertartil Kelas Bawah); dan Muhammad Naufal Ghozali, 6A, sebagai santri Hafalan Terbaik & Tertartil Kelas Atas.

Sejumlah persembahan siswa ditampilkan dalam acara wisuda, seperti drumband, hadroh, paduan suara, seni tari, teater, pencak silat dan menyanyi solo. Bahkan anak-anak Raudhatul Athfal (RA) Muslimat NU turut mempersembahkan tarian sebagai hiburan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenparekraf Ingin Iuran Pariwisata dari APBN

News
| Senin, 29 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement