Advertisement

Ahli Kitab Suci Seluruh Dunia Bahas Perdamaian dan Kemanusiaan di Jogja

Sunartono
Selasa, 20 Juni 2023 - 14:57 WIB
Sunartono
Ahli Kitab Suci Seluruh Dunia Bahas Perdamaian dan Kemanusiaan di Jogja Ahli Kitab Suci Seluruh Dunia Bahas Perdamaian dan Kemanusiaan di Jogja. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan ahli kitab suci dari berbagai agama di dunia menggelar pertemuan bertajuk International Conference on Scripture for Peace and Humanity di Kampus UIN Sunan Kalijaga, Selasa (20/6/2023) hingga Rabu (21/6/2023). Pertemuan itu mengupayakan peran ahli kitab suci dalam mendorong perdamaian, kemanusiaan hingga toleransi di dunia.

Panitia Pengarah Konferensi Profesor Sahiron menjelaskan pertemuan itu secara khusus membahas tentang kitab suci untuk perdamaian dan kemanusiaan. Tema tersebut dibahas karena para pakar melihat realita kehidupan baik skala nasional maupun internasional masih banyak persoalan sosial. Mulai dari adanya praktik terorisme, intoleransi, korupsi, ketidaksetaraan gender, kekerasan hingga ketidakadilan.

Advertisement

BACA JUGA : Kini Ada Alquran Versi 20 Bahasa Daerah

Oleh karena itu ahli agama perlu berkontribusi dengan latar belakang kepercayaan masing-masing untuk mendorong terciptanya perdamaian dunia. Secara total ada sekitar 60 orang ahli kitab suci dari berbagai negara yang hadir untuk memberikan materi.

“Misal ahli bidang Alquran, bibel, tripitaka dan lainnya. Maka kami berkumpul ini mencoba untuk memberikan kontribusi pemikiran paling tidak ikut terlibat dalam membantu memecahkan masalah sosial tersebut,” kata Wakil Rektor UIN Sunan Kalijaga ini.

Ia mengatakan dalam pertemuan itu hadir berbagai tokoh dan ahli kitab suci berbagai agama di dunia. Di antaranya dari Belanda, Malaysia, Amerika Serikat dan lain-lain untuk mencoba membahas kitab suci. Salah satunya merumuskan bagaimana seharusnya menafsirkan suatu kitab suci di era saat ini. Melalui hasil pertemuan itu harapannya dapat memberikan kontribusi untuk mengedukasi masyarakat agar tidak terjadi konflik dan terlibat dalam berbagai masalah sosial.

“Karena saya yakin ahli agama atau ahli kitab suci ini masing-masing memiliki umat juga, memberikan Pendidikan keagamaan untuk umatnya,” ucapnya.

BACA JUGA : UNS Kampanyekan Gerakan Membaca Kitab Suci

Tercatat ada 60 makalah yang dibahas dari setiap ahli kitab suci. Dari diskusi kemudian akan menghasilkan sejumlah rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti dalam mendorong perdamaian dan kemanusiaan.

“Prinsipnya yang kami undang itu semua agama-agama di dunia, tetapi untuk yang Yahudi tidak ada yang hadir,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Setinggi 3 Meter di Luwu Sulsel Sebabkan 14 Warga Meninggal Dunia

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement