Advertisement

9 Santri Ponpes di Jogja Ini Peroleh Beasiswa Studi di Universitas Terkemuka Dunia

Sunartono
Kamis, 22 Juni 2023 - 07:37 WIB
Sunartono
9 Santri Ponpes di Jogja Ini Peroleh Beasiswa Studi di Universitas Terkemuka Dunia Pelepasan santri keberangkatan menempuh summer programme di Kampus Luar Negeri. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pendidikan pondok pesantren terbukti mampu bersaing di ranah internasional. Belasan santri dari SMA Sains Alquran, Pondok Pesantren Wahid Hasyim Jogja berhasil lolos memperoleh beasiswa S1 dan program summer di sejumlah universitas top dunia.

Pengasuh Ponpes Wahid Hasyim Jogja Kiai Haji Jalal Suyuti mengatakan pada tahun ini ada sembilan santrinya baik putra dan putri yang memperoleh beasiswa penuh menempuh pendidikan di perguruan tinggi top dunia. Para santri itu lolos setelah melalui seleksi panjang untuk memperoleh beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Advertisement

BACA JUGA : NU Jabar Minta Masyarakat Tidak Sekolahkan Anak di Ponpes Al Zaytun

“Dari santri itu terdiri atas tiga santri posisinya Kelas XII SMA Sains Alquran ini diterima di perguruan tinggi di Kanada dan Singapura. Ketiganya juga mendapatkan beasiswa persiapan S1 Luar negeri dari Kemendikbud RI, melalui program Beasiswa Indonesia Maju,” kata Kiai Jalal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/6/2023).

Ketiga santri itu antara lain Khalila Kevra diterima di McMaster University, Canada, Amerika Selatan,  Decyta Khairun Nisa, diterima di Nanyang Technological University, Singapura dan Kaylifa Azzahra diterima di Nanyang Technological University, Singapura.

Adapun enam santri lainnya mendapatkan beasiswa penuh Summer dan Winter Programme di beberapa universitas top dunia melalui Beasiswa Indonesia maju. Terdiri atas Sanji Shofan Sanjia di University of York, United Kingdom, Ilham Fahmi Arifin di University of York, United Kingdom, Naufal Badi Alam di University of Toronto, Canada. Kemudian Naura Fattah Ghaniy Mondika di National University of Singapore, Maulana Ilham Hamdallah di Nanyang Technological University dan Devina Ayu Maharani di University of Sydney, Australia.

BACA JUGA : Ketum PAN Zulhas Kunjungi Ponpes Gus Miftah

“Untuk yang program summer ini, sekaligus untuk persiapan S1 luar negeri. Program ini beasiswa penuh juga dari pemerintah, pelaksanaan pada Juni dan Juli 2023,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement