Advertisement

Bisa Diadu, Ini Deretan PTS Dunia Berprestasi

Media Digital
Selasa, 27 Juni 2023 - 17:18 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bisa Diadu, Ini Deretan PTS Dunia Berprestasi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

JOGJA—Di Indonesia, perguruan tinggi swasta (PTS) kerap menjadi pilihan kedua setelah perguruan tinggi negeri (PTN). Adapun di mata dunia, status negeri atau swasta bukanlah patokan. Kualitas layanan pendidikan hingga prestasi mahasiswa-alumni yang justru menjadi rujukan. Berikut deretan PTS yang menjadi incaran mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

  1. Harvard University

Siapa yang enggak kenal kampus yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS) ini? Berdiri pada 8 September 1636 dan diklaim sebagai perguruan tinggi tertua di AS, ada banyak nama yang terkenal yang menamatkan pendidikannya di sana. Sebut saja Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama; pendiri Microsoft Corporation, Bill Gates; penulis, produser sekaligus komedian terkenal Conan O’Brien hingga pemain NBA, Jeremy Lin.

Advertisement

Meski kondang, tidak banyak yang tahu kalau Harvard University adalah kampus swasta. Hal ini membuktikan, mutu layanan pendidikan hingga kredibilitas lulusan menjadi tolak ukur yang paling kuat. Awalnya, kampus ini bernama New College. Berubah nama menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.

Jumlah mahasiswa aktif Harvard University saat ini sekitar 20.000 orang. Sekitar seperempat di antaranya atau 5.000 orang adalah mahasiswa asing. Bagaimana, tertarik kuliah di sini?

  1. Stanford University

Berlokasi di California, Amerika Serikat, Stanford University didirikan pada tahun 1885 oleh sepasang suami-isteri bernama Leland Stanford dan Jane Stanford. Leland Stanford adalah seorang Gubernur dan Senator dari California. Sejak tahun 1952, kampus ini telah memiliki lebih dari 50 fakultas, staf, dan alumni yang berhasil memenangkan Nobel. Kampus ini tercatat melahirkan alumni yang mendirikan perusahaan raksasa seperti Google, Hewlett-Packard, Cisco Systems, LinkedIn, GAP, Netflix, Nike dan Yahoo!

Jumlah mahasiswa aktif di kampus ini sekitar 16.424 orang dengan jumlah staf pengajar 2.219 orang dan jumlah mahasiswa internasional kurang lebih 22% dari total siswa keseluruhan. Nama Stanford kian mencuat sekira Maret 2019. Kala itu publik +62 heboh membicarakan cuitan artis Maudy Ayunda yang galau memilih Harvard University atau Stanford University untuk meneruskan jenjang master. Singkat cerita, Maudy memilih pendidikan magister di dua jurusan, Administrasi Bisnis dan Bidang Pendidikan di Stanford University. Terus, siapa nih yang mau ikut jejak Maudy?

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Institut Teknologi Massachusetts adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts. Nah, ini calon kampus yang pas bagi kamu-kamu yang ingin fokus pada sains dan penelitian teknologi. Memiliki 5 sekolah dan satu kolese, mencakup 32 departemen, kampus ini berdiri sejak 1861.

Dibandingkan kampus lain, MIT terbilang sangat selektif untuk menerima mahasiswa baru. Saking alotnya persaingan, persentase jumlah mahasiswa MIT yang diterima hanya sekitar 8% dari total pendaftar. Saat ini total pelajar di MIT berjumlah sekitar 11.520 yang terbagi 4.530 berada di tingkat undergraduate dan sisanya berada di level postgraduate. Sekitar 30% dari total siswa keseluruhan adalah pelajar internasional. Ketat sih persaingannya, tapi peluang mahasiswa asing cukup besar kok. Jadi enggak ada salahnya menjajal kan?

  1. University of Buckingham (UB)

Terbang sedikit ke negeri Harry Potter, kamu bisa menemukan universitas swasta tertua di Inggris Raya, University of Buckingham. Kampus yang berdiri sejak 1973 ini baru menerima mahasiswa pada 1976. Kerajaan Inggris memberikan status universitas untuk kampus ini pada 1983.

Kelahiran UB tidak lepas dari tangan perdana Menteri perempuan pertama di Inggris, Margaret Hilda Thatcher, Baroness Thatcher. Kampus ini menduduki peringkat pertama untuk Teaching Excellence di Inggris. Menariknya, kampus ini menyediakan kuota untuk mahasiswa asing sekitar 48,4% atau hamper separuh dari total mahasiswa aktif. Artinya, peluangmu untuk diterima menjadi mahasiswa UB pun semakin besar.

  1. Yonsei University

Bagi pecinta Korean Hallyu yang pengin jajal peruntungan tapi enggak berani mendaftarkan diri ke Seoul National University (SNU) atau Korean University, coba deh Yonsei University. Berdiri sejak 10 April 1885, kampus ini semula bernama The Yonsei University Medical School dan menjadi Lembaga pendidikan pertama sekaligus rumah sakit modern pertama yang mengadopsi pengobatan ala barat. Meski awalnya berbasis kedokteran, Yonsei University menyediakan ragam jurusan yang dapat dipilih sesuai minatmu.

QS World University Rankings 2023 mencatat Yonsei sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Korea Selatan dengan menduduki peringkat 73 dunia. Saat ini ada sekitar 24.442 mahasiswa yang masih meneruskan pendidikan, sekitar 5.046 mahasiswa di antaranya adalah warga negara asing. Siap mendaftar tahun ini?

  1. Bina Nusantara University (Binus)

Sekarang kita beralih ke Tanah Air. Sebuah lembaga berbasis di Singapura, AppliedHE membuat daftar peringkat kampus swasta terbaik di ASEAN pada 2022. Dari 10 kampus swasta terbaik di Asia Tenggara, Bina Nusantara University (Indonesia) menempati urutan pertama dengan skor 73,70.

Sejarah Binus terbilang cukup Panjang. Awalnya adalah institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang didirikan pada 21 Oktober 1974. Seiring dengan perkembangan, Modern Computer Course kemudian berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) pada 1 Juli 1981. Singkatnya, nama Universitas Bina Nusantara resmi mengudara pada 8 Agustus 1996

Apa yang membuat Binus menjadi terkenal? Semua tidak lepas dari layanan, kurikulum serta fasilitas  pendidikan mumpuni sehingga dapat melahirkan alumni yang menjadi founder-founder startup unggulan Indonesia. Sebut saja, William Tanuwijaya yang merupakan CEO Tokopedia adalah alumni Jurusan Teknik Informatika Binus pada 1999 atau Andrew Darwis yang merupakan pendiri Kaskus adalah alumni Jurusan Sistem Informasi Binus pada 1998. Mau meneruskan tongkat estafet selanjutya untuk melahirkan startup?

  1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan kaum awam Katolik dan dikelola Yayasan Slamet Rijadi – Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus ini lahir pada 27 September 1965. Kampus ini didirikan dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi lokal serta berorientasi global.

Terkini, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menduduki peringkat ketiga sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings. Adapun kategori yang digunakan dalam pemeringkatan tersebut antara lain adalah kualitas publikasi, jumlah kolaborasi internasional, dan inovasi serta penciptaan paten yang berdampak pada sosial dan kemasyarakatan. Tahun lalu, UAJY meraih peringkat keenam perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) Asian University Rankings (AUR). Saat ini, UAJY memiliki enam fakultas, 13 program studi (S1), delapan program S2.

Beragamnya jurusan di UAJY membuat kampus ini melahirkan alumni dengan berbagai latar belakang. Tahu Ruben Adrian, produser sekaligus sutradara ternama di sejumlah stasiun televisi Indonesia? Yap, dia adalah salah satu alumni jurusan Komunikasi UAJY. Selanjutnya ada Filep Wamafma anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) terpilih dari daerah pemilihan Papua Barat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Last but not least, Leontinus Alpha Edison adalah seorang pengusaha yang juga merupakan co-founder Tokopedia. Kalau kamu, mau pilih jurusan apa di UAJY untuk berkarya membangun bangsa ini? (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Kedaulatan Palestina, Beberapa Negara Uni Eropa Bakal Deklarasi Bareng

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement